Festival Musim Semi di Cina, Kereta Berikan Tarif Murah Jelang Imlek

0
(xinhuanet.com)

Perjalanan Festival Musim Semi (Spring Rush) atau disebut juga dengan chūn yùn merupakan periode perjalanan yang sibuk di sekitar Tahun Baru Cina atau Imlek. Biasanya saat ini lalu lintas padat dan dimulai 15 hari sebelum Tahun Baru Imlek serta berlangsung selama 40 hari.

Baca juga: Perayaan Imlek di Cina, Ratusan Juta Orang Mudik Padati Berbagai Moda Transportasi

Dalam sekitaran 40 hari ini, akan ada tiga miliar penumpang yang akan melakukan perjalanan dan menjadikan chūn yùn adalah migrasi manusia tahunan terbesar di dunia. Spring Rush pada tahun 2020 akan dari 10 Januari hingga 19 Februari, di mana tiket kereta api dan bus akan sangat diminati.

Ada tiga alasan utama untuk musim perjalanan gaya Cina ini yakni tradisi, ekonomi dan liburan. Tradisi karena festival Musim Semi adalah hari libur paling penting di Tiongkok. Ekonomi karena banyak pekerja dari desa ke kota dan ketika Festival Musim Semi ini mereka kembali untuk berbagi dengan keluarga.

Sedangkan untuk liburan digunakan bepergian bersama keluarga untuk bersenang-senang atau mengunjungi kerabat dan teman. Festival Musim Semi ini bahkan memberi tekanan besar pada sistem transportasi karena perjalanan terburu-buru. Apalagi dengan menjadi jaringan kereta api terbesar di dunia, Cina masih belum bisa sepenuhnya memenuhi permintaan lalu lintas di sekitar Tahun Baru Cina.

Namun, meski begitu, kereta bisa memberikan penawaran pilihan alternatif bagi penumpang untuk bepergian dengan tarif murah di Gansu. Dilansir KabarPenumpang.com dari xinhuanet.com (11/1/2020), kereta No. 7505 di Provinsi Gansu, Barat Laut Cina melakukan perjalanan dari Lanzhou ke Wuwei. Kereta ini menarik empat gerbong dan menghubungkan lebih dari selusin stasiun kecil di antara Lanzhou dan Wuwei.

Kereta tersebut berjalan di sepanjang 290 km dengan waktu yang ditempuh sekitar lima jam 27 menit. Dikatakan tarif murah karena seorang penumpang yang membayar tiket penuh hanya membayar 18,5 Yuan atau sekitar US$2,7 atau Rp36 ribu. Bahkan tarif terendahnya hanya satu Yuan. Kereta ini ternyata sudah beroperasi hampir 40 tahun sejak 1980-an dengan membawa hampir sepuluh juta penumpang.

Baca juga: Sampai Berhari-Hari! Inilah Lima Macet Terparah di Dunia

Tiket murah ini ditawarkan selama musim perjalanan Festival Musim Semi. Dari foto-foto yang beredar pada 10 Januari 2020, kereta No. 7505 ini memperlihatkan seorang penumpang dengan cucunya, konduktor kereta yang membantu penumpang turun, kepadatan penumpang dalam kereta, penumpang yang memberikan susu pada bayinya hingga petugas kabin yang membantu meletakkan barang penumpang di atas kursi.

Leave a Reply