Filipina Larang Wisatawan Indonesia Masuk 16-31 Juli, Ini Data Kunjungan Kedua Negara

0
Ilustrasi maskapai nasional Filipina. Sumber: istimewa

Filipina akhirnya resmi bergabung dengan tujuh negara lainnya untuk melarang wisatawan asal Indonesia masuk ke negara mereka. Demikian juga wisatawan Filipina yang hendak berkunjung ke Indonesia. Hal itu diungkap langsung juru bicara Kepresidenan Filipina, Harry Roque.

Baca juga: Corona RI Mengganas, Negara-negara Ini Kompak Stop Penerbangan dari dan ke Indonesia

Keputusan itu diambil untuk mencegah penyebaran virus Corona dalam hal ini varian Delta yang terbukti sangat membuat bebagai rumah sakit di Indonesia kewalahan.

“Presiden Rodrigo Duterte telah menyetujui pembatasan perjalanan untuk semua traveler yang datang dari Indonesia atau mereka yang memiliki riwayat perjalanan ke Indonesia dalam 14 hari terakhir sebelum kedatangan di Filipina,” katanya dalam sebuah pernyataan.

“Tindakan ini dilakukan untuk mencegah penyebaran lebih lanjut dan transmisi komunitas varian Covid-19 di Filipina,” tambahnya, seperti dikutip dari The Straits Times.

Selain Indonesia, wisatawan dari India, Pakistan, Nepal, Bangladesh, Sri Lanka, Oman, dan Uni Emirat Arab juga dilarang memasuki Filipina hingga 31 Juli.

Filipina sendiri saat ini memiliki 1.485.457 kasus Covid-19 yang dikonfirmasi (beberapa di antaranya varian Delta), termasuk 26.232 kematian.

Filipina diketahui menjadi negara kedelapan setelah Hong Kong, Taiwan, Uni Emirate Arab (UEA), Oman, Singapura, Arab Saudi, dan Jerman yang melarang kedatangan wisatawan asal Indonesia. Dilihat dari traffic data wisatawan negara-negara tersebut ke Indonesia, mungkin bisa dibilang sangat berpengaruh terhadap arus kedatangan wisatawan dari sana.

Tetapi, bagaimana dengan Filipina? Apakah antara Indonesia-Filipina punya penerbangan langsung? Berapa jumlah wisatawan Indonesia maupun Filipina yang berkunjung?

Dikutip dari ceicdata.com, pada Desember 2020, kunjungan wisatawan asal Filipina ke Indonesia dilaporkan sebesar 13,753 orang. Ini merupakan rekor tertinggi dibanding bulan November di tahun yang sama yang hanya kurang dari 10 ribu orang. Sejak tahun 1988 sampai 2020, rata-rata 177,854 wisatawan asal Filipina berkunjung ke Indonesia setiap bulannya.

Sedangkan untuk wisatawan Indonesia yang ke Filipina, pada tahun 2018 ada 76.651 wisatawan Indonesia yang mengunjungi Filipina. Jumlah tersebut naik dari tahun 2017 yang hanya 62.923 wisatawan Indonesia. Pada 2019, Filipina menargetkan 100 ribu wisatawan asal Indonesia yang berkunjung ke sana.

Baca juga: Corona RI Makin Gawat, Jepang Evakuasi Warganya dari Indonesia!

Dari segi akses penerbangan juga tergolong mudah. Banyak penerbangan dari Filipina ke Indonesia dan sebaliknya. Dari Filipina, ada penerbangan dari Jetstar, Asiana, Philippine Airlines-Singapore Airlines, dan Korean Air. Bukan hanya keberangkatan dari Manila, tetapi juga dari empat kota lainnya, meliputi Cebu, Davao, Butuan, dan Angeles.

Sedangkan dari Indonesia, tersedia penerbangan Garuda Indonesia, Philippine Airlines, Singapore Airlines untuk keberangkatan Jakarta, Denpasar, Manado, Surabaya, dan Banjarmasin.