Fisikawan dari Utah Berhasil Minimalisir ‘Gemuruh’ Toilet Pesawat Hingga 50 Persen!

Sumber: newatlas.com

Toilet pesawat bisa saja menjadi satu hal yang mengerikan. Ketika Anda telah selesai menggunakannya, Anda pasti akan mendengar suara seperti gemuruh yang kencang, seolah toilet tersebut akan menyedot Anda beserta kotoran yang sudah dibuang sebelumnya. Nah, bagi Anda yang sering merasa ketakutan akibat suara dari sistem flush ini, beruntung karena seorang fisikawan dari Universitas Birmingham Young di Utah telah berhasil mereduksi suara bising yang dihasilkan oleh sistem flush tersebut.

Baca Juga: Sebelum Seperti Sekarang, Dulu Toilet Pesawat Gunakan Ember untuk Tampung Limbah Penumpang

Tidak tanggung-tanggung, suara yang berhasil direduksi tersebut mencapai angka 50 persen atau yang berarti setengah dari yang dihasilkan sekarang ini. Sebagaimana yang diwartakan KabarPenumpang.com dari laman newatlas.com (5/4/2019), adalah Prof. Kent Gee yang memimpin kelompok pengembangan sistem flush di toilet pesawat ini. Alih-alih menggunakan air seminimal mungkin, toilet pesawat biasanya akan menggunakan sistem vakum untuk menghisap semua udara dan kotoran yang kecepatannya hampir menyentuh setengah dari kecepatan suara (483 km/jam).

Prof. Kent Gee mengatakan bahwa setiap hambatan yang menghalangi aliran kotoran tersebutlah yang menyebabkan suara bising, sehingga ia bersama kelompoknya berusaha untuk menghilangkan hambatan tersebut dengan cara menambahkan pipa yang menambahkan jarak antara mangkuk toilet dan katup flush.

Ketika dipasang di toilet yang ada di pesawat, temuan Prof. Kent Gee ini dikabarkan telah mengurangi kebisingan yang dihasilkan secara aeroacoustically hingga 16 desibel ketika katup fluch mulai terbuka dan lima hingga 10 desibel ketika katup sepenuhnya terbuka.

Untuk masalah pemasangan, Prof. Kent Gee juga mengatakan tidak terlalu rumit, karena ia hanya perlu melepas pipa siku sementara mangkuk toilet dan klep tetaplah terpasang.

Teknologi yang tengah dikomersilkan dengan bantuan para mitra industri ini sendiri diklaim Prof. Kent Gee juga dapat digunakan di kapalpesiar, kereta api, atau bahkan bangunan ramah lingkungan dimana penggunaan air sangatlah diminimalisasi.

Baca Juga: Setiap Pintu Toilet di Kabin Pesawat Ternyata Punya “Kunci Rahasia”

“Maskapai-maskapai dan perusahaan lain yang terkait dengan sektor aviasi global selalu memiliki standar untuk kebisingan toilet, tetapi mereka tidak pernah memenuhi standar tersebut dan tidak pernah mendapatkan banyak tekanan untuk segera memenuhi standar tersebut,” ujar mitra penelitian, Prof. Scott Sommerfeldt.

“Sekarang dengan berkurangnya tingkat kebisingan kabin, suara pembilasan toilet bisa lebih terdengar,” tandasnya.