Ford ‘Terjemahkan’ Pemandangan Khusus Bagi Penyandang Tuna Netra

Sumber: newatlas.com

Siapa sih yang tidak suka melihat ‘lukisan’ Sang Pencipta melalui jendela mobil ketika tengah berkendara? Tentu hal seperti ini seolah sudah menjelma menjadi menu wajib setiap penumpang yang tengah menghabiskan waktu perjalanan mereka. Namun bagaimana dengan para penyandang tuna netra? Apakah mereka bisa turut menikmati pemandangan tersebut dengan keterbatasan yang mereka miliki?

Baca Juga: Ford Luncurkan Chariot, Aplikasi Layanan Bus Antar Jemput

Bagi orang awam, mungkin pertanyaan di atas dapat dijawab dengan mudah. Tidak. Namun berbeda dengan orang-orang kreatif yang ada di balik nama besar Ford. Melalui prototipe yang diberi nama Feel The View, para penyandang disabilitas ini mampu menikmati pemandangan melalui kaca mobil tersebut dengan menggunkan sentuhan.

Dilansir KabarPenumpang.com dari laman newatlas.com (1/5/2018), prototipe dari Feel The View sendiri nantinya akan dipasang di atas jendela penumpang. Dengan mengadopsi bentuk persegi panjang, para penyandang tuna netra ini nantinya akan menempelkan jari mereka pada fitur finger print yang terpampang pada bagian tengah device ini.

“Kami mengembangkan ‘bahasa’ baru bagi mereka yang tidak mampu melihat pemandangan, dengan cara merasakannya,” kata pihak Ford dalam video promosinya. Seperti yang disebutkan di atas, Feel The View akan ‘menerjemahkan’ pemandangan di luar kaca dengan menggunakan kamera built-in menjadi semacam kode braile.

Getaran akan menggantikan fungsi titik yang kerap kali digunakan sebagai kode braile. Kamera built-in tersebut akan mengubah pemandangan menjadi gambar greyscale dan kemudian diterjemahkan ke dalam getaran dengan intensitas yang bervariasi, yang dapat dirasakan oleh jari seseorang di jendela itu sendiri. Getaran tersebut akan menampilkan pemandangan tentang topografi di sekitarnya.

Baca Juga: Ford Hadirkan Layanan Bike Sharing, Kok Bisa?

Alat ini sendiri mampu menghasilkan sekitar 255 tingkat getaran yang berbeda pada kaca kendaraan. Dalam mengembangkan Feel The View, Ford tidaklah berdiri sendiri. Mereka menggaet GTB Roma dan Aedo, sebuah startup yang mengembangkan produk khusus bagi para penyandang tuna netra.

Kendati belum ada kepastian kapan inovasi ini akan dirilis, tapi setidaknya Ford sudah membuktikan bahwa kenyamanan penumpang adalah segalanya.