Gandeng Aerion, Boeing Siap Luncurkan Pesawat Supersonik di Tahun 2025

Aerion AS2. Sumber: newatlas.com

Boeing telah secara memasuki arus perlombaan untuk membangun pesawat komersial berkecepatan supersonik generasi berikutnya. Dalam upayanya ini, Boeing tidaklah berdiri sendiri, melainkan menjalin kemitraan baru dengan Aerion. Meskipun belum banyak rincian diberikan oleh pihak perusahaan, namun perjanjian kerja sama anyar tersebut mencakup investasi besar yang dilakukan oleh pihak Boeing – termasuk penyediaan fasilitas rekayasa, manufaktur, dan uji terbang untuk pengembangan jet bisnis supersonik yang diberi nama Aerion AS2 ini.

Baca Juga: Suksesor Concorde ini Tetap Dihantui Bayangan Kelam Pendahulunya

Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman newatlas.com (6/2/2019), sebenarnya ide pengembangan pesawat berkecepatan supersonik ini terinspirasi dari berakhirnya era keemasan dari Concorde yang mengakhiri layanannya pada tahun 2003 silam. Sejak saat itu, belum ada lagi generasi penerus yang melanjutkan layanan penerbangan supersonik. Namun bukan berarti tidak ada perusahaan yang berusaha untuk menjajaki kembali penerbangan supersonik. Di luar sana, tidak sedikit perusahaan yang tengah mengembangkan pesawat berkecepatan supersonik yang ekonomis dan juga ramah lingkungan.

Kelak, Aerion AS2 ini akan menggunakan mesin GE Affinity yang mampu membuat pesawat ini melesat dengan kecepatan 1.671km/jam (Mach 1,4). Menurut pihak Boeing, pesawat jet bisnis berkapasitas 12 penumpang ini akan mengudara di tahun 2023 dan memasuki layanan komersialnya dua tahun berselang. Dalam pengembangannya, Aerion juga bermitra dengan Lockheed Martin dalam urusan teknis, namun aliansi kedua perusahaan ini terputus dengan alasan yang tidak diungkapkan.

Baca Juga: Tupolev “Concordski” T-114 – Jiplakan Concorde Yang Kalah Digdaya

“Boeing memimpin transformasi mobilitas yang akan menghubungkan dunia dengan aman, efisien, dan lebih cepat daripada sebelumnya,” ujar Steve Nordlund, wakil presiden dan manajer umum Boeing NeXt.

“Ini adalah investasi terdepan yang strategis dan disiplin dalam teknologi supersonik yang semakin matang. Melalui kemitraan bersama Aerion, yang menggabungkan keahlian supersonik Aerion dengan skala industri global Boeing dan pengalaman kami di sektor penerbangan komersial, kami memiliki tim yang tepat untuk membangun masa depan penerbangan supersonik yang berkelanjutan,” tambah Steve.