Gandeng Merek-Merek Ternama, Wonderful Indonesia Lebarkan Sayap

Wonderful Indonesia, merupakan brand dari Kementerian Pariwisata untuk mengenalkan Indonesia pada masyarakat Indonesia dan dunia. Belum lama ini, Kemenpar kembali meningkatkan kerjasama Wonderful Indoneisa co-branding Forum (WICF) dengan beberapa perusahaan Indonesia. Diketahui, saat ini ada beberapa perusahaan yang sudah bekerjasama yakni Garuda Food, Paptonk dan Boun Gout.

Baca juga: Tourist Information Center, Mudahkan Wisman saat tiba di Bandara Soetta

Tahun 2017 ini, merupakan pertama kalinya WICF diselenggarakan dan akan dilakukan secara berkala oleh Kemenpar sebagai upaya mengajak brand besar, menengah maupun kecil di Indonesia untuk berkolaborasi melalui co-branding partnership dengan brand Wonderful Indonesia atau Pesona Indonesia. Kemudian, tahun ini Kemenpar mengundang 16 produk Indonesia untuk menandatangani kepesakatan dengan menempatkan brand Wonderful Indonesia ke dalam produk mereka. Penandatanganan ini dilakukan pada Wnderful co-branding Forum di Gedung Sapta Pesona pada 10 Agustus 2017 kemarin.

“Sekitar 100 perusahaan dan merek ditetapkan untuk menghadiri acara tersebut. Sejauh ini 16 merek telah sepakat untuk menandatangani MoU tersebut. Prakarsa co-branding dilakukan setiap tiga bulan sekali, “jelas Deputi Pengembangan Pemasaran Nusantara Esthy Reko Astuti yang dikutip KabarPenumpang.com dari thejakartapost.com.

Diantara 16 brand tersebut yakni Achilles, Garuda Food, Polygon, Sahid Group, Tiket.com, Alleira Batik & Gaia, Sunpride, Sarinah, Sekar Group, Krisna Oleh-oleh, Taman Rahasia, Sababay Wine, Bon Gout, Martha Tilaar, Malang Strudle Dan Batik Trusmi.

“Penandatanganan MoU tersebut akan dihadiri oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya dan perwakilan merek, seperti Teuku Wisnu, Martha Tilaar, Gusti Ngurah Anom, Hardianto Atmadja, Dian Sastrowardoyo sebagai pendiri Freamtrip dan masih banyak lagi,” tambah Departemen Strategi Pemasaran Pariwisata Asisten pembantu Hariyanto.

Inisiatif kolaborasi co-branding bertujuan untuk mencapai tiga tujuan strategis yaitu mendongkrak brand equity dari brand Wonderful Indonesia di pasar global dan brand Pesona Indonesia di pasar domestik. Mengembangkan penetrasi pasar dan memperluas exposure brand tersebut dengan memanfaatkan market network yang dimiliki oleh brand atau perusahaan terkait dan terwujudnya sharing resources antara kedua brand yang ber-cobranding.

“Branding pariwisata Indonesia tidak bisa dilakukan secara sendirian oleh Kemenpar. Untuk mewujudkan brand WI di pasar global dan brand PI di pasar domesik dibutuhkan kebersamaan dan sinergi seluruh elemen bangsa dalam kerangka Indonesia Incorporated”, kata Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Menurutnya, co-branding akan menghasilkan penghematan biaya promosi yang substansial karena dengan berpartner maka biaya promosi akan ditanggung secara bersama. “Anggaran dari APBN terbatas, karena itu kami ingin berkolaborasi dengan brand atau perusahaan agar terjadi efisiensi biaya promosi,” ujarnya.