Gandeng PLN, Universitas HKBP Nommensen Luncurkan Becak Motor Listrik

Sumber: tribunnews.com

Dewasa ini, penggalakkan moda transportasi ramah lingkungan memang tengah digenjot oleh berbagai instansi. Tujuannya tidak lain dan tidak bukan adalah untuk mengurangi emisi karbon dan menghemat penggunaan bahan bakar fossil. Nah, ternyata penggalakkan evolusi moda transportasi ini juga terjadi di Indonesia, tepatnya dari Tanah Batak dimana PT PLN (Persero) yang bekerja sama dengan Universitas HKBP Nommensen (UHN) Medan menghasilkan becak motor (betor) bertenaga listik. Jika ditanya moda ini ramah lingkungan atau tidak? Jawabannya jelas ramah lingkungan, dong!

Baca Juga: “HAN” Si Becak Listrik, Dibanderol Rp18 Juta, Akankah Ikut Ramaikan Transportasi Jakarta?

Sebagaimana yang dirangkum KabarPenumpang.com dari berbagai laman sumber, peluncuran becak motor listrik ini bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei 2019 kemarin. Ketua Tim Inovasi Becak Motor Listrik dari Fakuktas Teknik UHN, Parulian Siagian, mengatakan bahwa becak motor listrik berkapasitas 2.000 watt tersebut mampu merengkuh kecepatan hingga 50 sampai 60 km per jam tanpa penumpang dan 30 sampai 40 km per jam dengan penumpang.

Dengan mengusung tema ramah lingkungan dan menggunakan bahan bakar berkelanjutan, hadir becak motor listrik ini merupakan salah satu bentuk dukungan terhadap program green energi ergonomis yang akan berimplikasi terhadap kesejahteraan lingkungan.

Sumber: okezone.com

Tidak melulu dari segi teknisnya saja, pun dari segi desain yang coba tetap dipertahankan oleh tim yang mengerjakan proyek ini. Tim dari Fakultas Teknik UHN ini memang mengganti sumber tenaga dari becak motor ini, namun tidak dengan ciri khas dari moda khas Sumatera Utara ini.

“Dan hasilnya seperti yang kita saksikan saat ini, dan ini sejarah baru bagi kita karena pertama kali di Sumatera dikembangkan perguruan tinggi,” ujar Rektor UHN, Haposan Siallagan, dikutip dari laman medanbisnisdaily.com (2/5/2019).

Baca Juga: Saatnya Maksimalkan Tenaga Surya untuk Energi Terbarukan di Kereta Api

Guna menunjang pengoperasian dari becak motor listrik ini kelak, pihak PLN sudah memiliki Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) di 15 titik yang berada di beberapa kota di Sumut, yang selanjutnya setiap 20 Km di sepanjang jalan lintas utama Provinsi Sumut juga akan didirikan SPLU guna mendukung kebutuhan pengisian ulang kendaraan listrik.