Gandeng Rolls-Royce, Porterbrook Uji Kereta Bertenaga Listrik Hibrida Pertama di Inggris

Sumber: The Independent

Terkenal sebagai perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan mobil mewah dan mesin pesawat, Rolls-Royce baru saja menandatangani kerja sama dengan Porterbrook – perusahaan asal Inggris yang membawahi sejumlah kereta penumpang dalam hal pengembangan MTU Hybrid PowerPacks. Pemasangan MTU Hybrid PowerPacks memungkinkan kereta DMU Class 168 dan Class 170 ‘Turbostar’ mengganti sumber tenaga penggeraknya, dari diesel ke listrik hibrida.

Baca Juga: Bagaimana Cara Kerja Lokomotif Diesel Elektrik? Cek Jawabannya di Sini!

Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman rolls-royce.com baru-baru ini, pengoperasian kereta listrik hibrida ini memungkinkan kereta lebih ramah lingkungan dan tidak terlalu bising ketika beroperasi. Penandatanganan kerja sama ini sendiri terjadi ketika perhelatan Innotrans 2018, 18 hingga 21 September di Berlin, Jerman. Adapun kereta yang dipasang MTU Hybrid PowerPacks ini masih berjumlah dua rangkaian saja, itupun statusnya masih uji coba.

Semisal berhasil, Porterbrook akan mengembangkan sistem ini dan memasangnya di kereta Turbostar lainnya. “Ini merupakan kerja sama pertama tentang pengembangan sistem MTU Hybrid Drive di Inggris,” tulis pihak Rolls-Royce dalam laman resminya.

“Porterbrook berkomitmen untuk mengurangi emisi karbon dari armada bertenaga diesel kami yang miliki. Besar harapan investasi kami dalam uji coba MTU Hybrid PowerPacks ini akan memungkinkan kami untuk menawarkan kecanggihan armada yang lebih luas dari teknologi ini, sehingga pelanggan kami dapat mengurangi emisi dan biaya operasi, serta meningkatkan kualitas udara di sepanjang koridor perkotaan,” tutur Mary Grant, CEO Porterbrook.

“Ini merupakan salah satu dari beberapa inisiatif yang dilakukan Porterbrook untuk menjawab tantangan Menteri Pertahanan Jo Johnson MP, untuk menghapus kereta api diesel dari jaringan kereta api Inggris per tahun 2040,” tandasnya.

Baca Juga: Rolls-Royce Rilis Intelligent Awareness, Bantu Pelaut Tingkatkan Kesadaran Situasional

Pihak Rolls-Royce sendiri mengaku sangat senang dapat membantu Porterbrook dalam mengembangkan sistem perkeretaapian yang ramah lingkungan dan minim polusi suara. “Dengan MTU Hybrid PowerPacks yang inovatif, Rolls-Royce dan mitra kami, Porterbrook akan menetapkan standar baru di jaringan Inggris; membantu mengurangi emisi, meningkatkan efisiensi bahan bakar dan meningkatkan kehidupan orang-orang yang tinggal di dekat stasiun kereta,” ungkap CEO Rolls-Royce, Warren East.