Garap Wisata Bahari, Pelni Canangkan Layanan Kapal Pesiar

0
kabarbisnis.com

Kepulauan Indonesia sangatlah banyak dari Pulau Weh, Aceh sampai Pulau Liki, Papua. Karena banyaknya pulau, Indonesia disebut dengan negara kepulauan terbesar di dunia. Sebab luas Indonesia dua pertiganya adalah lautan sehingga wisata bahari sangat menjanjikan dan menguntungkan di Indonesia.

Dengan potensi wisata bahari yang besar, membuat PT Pelni berencana melanjutkan wisata bahari yang awalnya dihadirkan 2014 lalu. Baru-baru ini, Pelni berencana mengoperasikan satu kapal pesiar yang akan dikhususkan untuk wisata dalam negeri saja. Melalui kerja sama dengan PT Patra Jasa, sinergi ini diharapkan memberikan hal baru untuk Indonesia.

Rencanyanya Pelni akan membeli kapal pesiar seharga Rp250 miliar dengan kapasitas yang mampu memuat penumpang 300 hingga 400 orang. Namun, saat ini Pelni masih mencari kapal yang cocok dan terbaik sehingga bisa di operaasikan pada 2017 ini. Nantinya selain menjadi sebuah kapal pesiar yang melalui rute domestik, kapal pesiar ini juga akan digunakan sebagai hotel terapung untuk masyarakat.

Kapal pesiar Pelni akan mengelilingi Indonesia dengan rute berangkat dari pelabuhan tersibuk Inddonesia yakni pelabuhan Tanjung Priok menuju destinasi prioritas di Danau Toba (Sumatera Utara), Borobudur (Jawa Tengah), Mandalika (Nusa Tenggara Barat), Labuan Bajo (Nusa Tenggara Timur), Tengger (Jawa Timur), Kepulauan Seribu (DKI Jakarta), Wakatobi (Sulawesi Selatan), Tanjung Lesung (Banten), Morotai (Maluku Utara) dan Tanjung Kelayang (Bangka Belitung). Rute yang dilalui oleh kapal pesiar merupakan rute objek wisata bahari.

Tak hanya melalui daerah-daerah tersebut, kapal pesiar juga akan melaju dan berlayar dari Labuan Bajo (Nusa Tenggara Timur) – Taka Bonerate (Sulawesi Selatan) – Makassar (Sulawesi Selatan) – Wakatobi (Sulawesi Tenggara) – Banda Neira (Maluku Tengah) – Misool (Raja Ampat, Papua Barat) – Morotai (Maluku Utara) – Bitung/Bunaken (Sulawesi Utara) – Tomini Togean (Sulawesi Tengah). Dengan bertajuk Let’s Go, pengguna kapal pesiar milik Pelni akan membuat wisatawan merasakan keindahan dunia laut Indonesia dari sejarah hingga budayanya dan wisata kuliner di daerah yang dilalui kapal pesiar.

Nantinya, para pengguna kapal pesiar akan dimudahkan untuk naik dan turun dari daerah yang diinginkan. Melalui kapal pesiar, Pelni berharap wisatawan domestik bisa lebih menikmati wisata bahari di Indonesia.

Dalam pengadaan pelayanan kapal pesiar ini tantangan terbesarnya adalah rute di Indonesia barat hingga timur, jadi ada kemungkinan biaya yang dibutuhkan untuk naik kapal pesiar ini tidak lah murah, sehingga Pelni harus bisa berpikir keras untuk memberikan harga terbaik dengan fasilitas dikapal pesiar yang lengkap. Dalam membantu wisatawan domestik atau internasional, ada indikasi Pelni juga akan membuat kelas ekonomi di kapal pesiar ini. Selain itu, Pelni juga harus bersinergi dengan kementerian-kementerian terkait untuk pariwisata, lingkungan hidup, kelautan dan kemaritiman Indonesia.

Leave a Reply