Garuda Indonesia Canangkan “Vintage Flight Experience” di Rute Amsterdam dan Tokyo

0

Pada periode 7 – 17 Desember lalu, Garuda Indonesia sukses menarik perhatian khalayak dengan program “Garuda Indonesia Vintage Flight Experience”, beberapa rute penerbangan lokal dan regional Garuda menyajikan nuansa 70-an. Mulai dari livery pesawat, seragam kru kabin, hingga makanan, mengingatkan kita pada operasional Garuda pada zaman klasik dulu.

Baca juga: Di 1965, Garuda Indonesia dengan Convair CV-990 Lakoni Penerbangan Jakarta – Amsterdam

Dan terkait seragam klasik tersebut, ada kabar bahwa di tahun 2019 Garuda berencana untuk menghadirkan program vintage flight untuk rute internasional jarak jauh. Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Askhara mengungkapkan, “Kami berencana untuk melayani penerbangan dengan seragam vintage untuk rute jarak jauh ke Amsterdam dan Tokyo.” Ari menyebut kedua rute internasonal tersebut punya potensi yang pas dengan sentuhan klasik Garuda Indonesia, mengingat rute Jakarta – Amsterdam telah dibuka maskapai ini sejak 1965.

Sementara rute ke Jepang juga dinilai sangat ideal, mengingat seragam vintage awak kabin (pramugari) di era tersebut memang hasil rancangan desainer kenamaan asal Jepang, Hanae Mori. “Mereka (warga Jepang-red) sangat menghargai hasil karya seni, terlebih yang berasal dari karya orang Jepang,” ujar Ari Askhara dalam jumpa Public Expose pada 21 Desember 2018.

Sedikit cerita tentang Hanae Mori, desain ini lahi pada tahun 1926, Hingga periode 1960-an karya-karyanya hadir di ratusan film Jepang, hingga akhirnya dia hijrah ke Paris dan mengunjungi Choco Chanel. Lalu, ia melahirkan rancangannya yang bertajuk ‘butterflies’ yang mencuri perhatian majalah Vogue dan jadi sorotan tren dunia.

Baca juga: “Garuda Indonesia Vintage Flight Experience” Resmi Diluncurkan, Inilah Paras Ayu Pramugari dengan Seragam Klasik

Sentuhan karya Mori juga dikenakan oleh pramugari maskapai Jepang. Ia juga terkenal untuk rancangan gaun-gaun di panggung opera Perancis hingga gaun pernikahan Puteri Jepang, Masako. Di tangan Mori, seragam pramugari Garuda Indonesia era 70-an hadir dengan terusan dua pilihan warna terang, atas kuning dan bawah berwarna oranye. Seragam dilengkapi dengan topi bundar berpita berwarna senada, dasar topi oranye dan pita kuning. Tampilan para pramugari juga makin anggun dengan balutan scarf bercorak dan warna oranye.

Leave a Reply