Garuda Indonesia Lakukan Codeshare dengan Japan Airlines

Pahala N Mansyuri dan Tadashi Fujita menandatangani kerja sama codeshare (KabarPenumpang.com

Garuda Indonesia kembali melakukan kerja sama dengan maskapai lainnya, kali ini dengan Japan Airlines (JAL). Kerja sama yang resmi dilakukan pada hari ini (6/9/2018) dilakukan dalam rangka peningkatan konektivitas penerbangan di kawasan Asia Pasifik.

Baca juga: Saudi Arabian Airlines dan Garuda Indonesia Perluas Perjanjian Codeshare

Selain itu juga untuk memberikan pilihan lebih banyak bagi pengguna kedua maskapai tersebut khususnya layanan penerbangan dari Indonesia ke Jepang dan Amerika Serikat.

“Perjanjian ini akan mulai berlaku 28 Oktober 2018 mendatang dimana ada tawaran codeshare untuk rute domestik dan internasional tertentu di Jepang dan Amerika Serikat serta Indonesia yang nantinya akan dioperasikan oleh Garuda Indonesia atau JAL,” ujar Direktur Utama Garuda Indonesia, Pahala Mansyuri di kantor Garuda Indonesia yang ditemui KabarPenumpang.com, Kamis (6/9/2018).

Pahala mengatakan Garuda akan menjadi marketing carrier dan menempatkan flight numbernya pada penerbangan JAL di rute Narita-Jakarta, Narita-New York dan Narita-Los Angeles di internasional. Sedangkan di rute dalam Jepang sendiri yakni Haneda-New Chitose, Haneda-Nagoya-Chubu dan Haneka-Fukuoka.

Sebaliknya juga JAL akan menjadi marketing carrier dan menempatkan nomor penerbangannya pada penerbangan Garuda rute Jakarta-Haneda PP, Denpasar-Narita PP dan Jakarta-Yogyakarta PP serta Jakarta-Surabaya PP. Selain itu Executive Officer JAL, Tadashi Fujita mengatakan, dengan adanya codeshare ini kedua maskapai bisa menambah channel penjualan dan Indonesia sendiri merupakan industri wisata yang atraktif.

Bahkan Pahala menambahkan, selain memperkuat dalam jaringan penerbangan internasional keduanya, terutama di kawasan Asia Pasifik. Adanya codeshare ini juga bisa mempermudah penumpang saat melakukan perjalanan dari Indonesia ke Jepang dan Amerika Serikat. Pemilihan JAL sendiri dikatana Pahala, karena Jepang merupakan salah satu pangsa pasar yang sanat penting bagi Garuda Indonesia.

Baca juga: Ribut di Penerbangan Garuda Indonesia, Pasangan Mabuk ini Paksa Kapten Lakukan Pendaratan Tak Berjadwal

“Melalui kerjasama ini, para pengguna diharapkan dapat menikmati dan memiliki pilihan penerbangan menuju Jepang dan Indonesia,” kata Pahala.

Untuk diketahui, selain melakukan codeshare, Garuda Indonesia juga memiliki awak kabin yang berasal dari Jepang. Hadirnya awak kabin ini untuk memudahkan komunikasi penumpang Jepang dalam pelayanan selama penerbangan.