Wednesday, April 17, 2024
HomeAnalisa AngkutanGawat, Blue Panorama Airlines Stop Operasi! Jadi Maskapai Italia Keempat Bangkrut?

Gawat, Blue Panorama Airlines Stop Operasi! Jadi Maskapai Italia Keempat Bangkrut?

Belum usai pemberitaan tentang bangkrutnya maskapai nasional Alitalia, industri dirgantara global kembali dikagetkan dengan terancam bangkrutnya maskapai asal Italia lain, Blue Panorama Airlines. Andai prosedur perlindungan kebangkrutan gagal, Blue Panorama Airlines dipastikan menjadi maskapai penerbangan Italia keempat yang bangkrut setelah Ernest, Air Italy, dan Alitalia.

Baca juga: Alitalia Bangkrut, ITA Airways Resmi Jadi Maskapai Nasional Italia

Laporan aerotime-aero, dalam sebuah keterangan bersama tiga serikat pekerja Italia, Filt Cgil, Fit Cisl, dan Uiltrasporti, Blue Panorama Airlines resmi menangguhkan seluruh penerbangan mulai 26 Oktober 2021. Maskapai menderita krisis finansial hebat sebelumnya dan diperparah dengan datangnya pandemi virus Corona.

Saat ini, Blue Panorama Airlines sedang mengajukan permohonan perlindungan kebangkrutan ke pengadilan Kota Milan, Italia. Selain itu, Air Operators Certificate and Air Transport License maskapai juga terancam dicabut oleh Otoritas Penerbangan Sipil Italia (ENAC).

ENAC beranggapan bahwa kondisi keuangan maskapai Blue Panorama Airlines sangat sulit ditangani atau bisa dibilang mustahil dicarikan jalan keluar terbaik kecuali dibangkrutkan.

Sementara ini, ENAC masih harus menunggu proses restrukturisasi utang ke para kreditur maskapai. Bila tak ada kata sepakat, penagguhan semua kegiatan penerbangan komersial Blue Panorama Airlines dipastikan berakhir dan Air Operators Certificate and Air Transport License dicabut.

Angin segar sebetulnya sudah berhembus setelah Pemerintah Italia mengumumkan akan mengalokasikan sejumlah dana guna menyelamatkan tiga maskapai, Air Dolomiti, Neos, dan Blue Panorama. Tak tanggung-tanggung, pemerintah berniat mengguyur dana besar sampai € 130 juta.

Sayangnya, itu hanya prank. Dana yang dijanjikan tersebut tak kunjung cair sampai Blue Panorama Airlines stop operasi.

“Mempertimbangkan berlanjutnya krisis di sektor penerbangan dan tidak datangnya dana kompensasi penyegaran yang telah dipilih maskapai, dengan tujuan untuk kelangsungan bisnis dan untuk perlindungan kreditur, untuk memulai proses ini,” kata juru bicara maskapai dalam sebuah pernyataan.

Maskapai penerbangan Blue Panorama Airlines sepanjang sejarah sudah melalui beberapa kali restrukturisasi. Selama 10 tahun terakhir, maskapai telah berkali-kali msuk pengadilan untuk permohonan kebangkrutan. Namun, berkali-kali itu pula maskapai berhasil lolos dan jurang kebangkrutan.

Baca juga: Covid-19 Paksa Maskapai Terbesar LATAM Bangkrut! Jadi Maskapai Kelima Bangkrut Akibat Corona

Menurut ch-aviation.com, Blue Panorama Airlines hanya memiliki 12 armada pesawat. Sebagian besar terdiri dari keluarga Boeing 737, delapan 737-800 dan masing-masing satu dari -300 dan -400 klasik.

Dalam urusan pesawat widebody, maskapai mengandalkan pada dua Airbus A333-200 untuk penerbangan internasional ke Kuba dan Meksiko.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru