Gegara Penumpang ‘Betah’ di Toilet, Pesawat Ini Terpaksa Mendarat Darurat

0
Ilustrasi penumpang tak mau keluar dari toilet pesawat. Foto: AirGo via Simple Flying

Pesawat Airbus A320 Edelweiss Air diketahui mendarat darurat di Graz, Austria. Itu terjadi lantaran seorang penumpang asal Rusia berusia 51 tahun menolak keluar dari toilet meski sudah cukup lama di sana. Ini kemudian menimbulkan kecurigaan dari kru pesawat. Apalagi, insiden itu terjadi bertepatan dengan peringatan tragedi 9/11 atau tragedi 11 September 2001.

Baca juga: Misteri Balok Es ‘Hujani’ Inggris, Diduga dari Toilet Pesawat Bocor

Laporan Daily Star, A320 Edelweiss Air dengan nomor penerbangan WK371 tersebut sejatinya sedang dalam perjalanan dari Larnaca, Siprus, ke Zurich, Swiss.

Disebutkan, tak lama setelah pesawat lepas landas, penumpang tersebut langsung menuju toilet, masuk, dan menguncinya. Selama perjalanan, antrean sempat terjadi lantaran ia terlalu lama di toilet. Beberapa dari mereka yang tak sabar bahkan sampai mengetuk pintu dan memintanya agar bergantian.

Alih-alih keluar, penumpang malah menunjukkan sikap mencurigakan dan terus beraktivitas tak lazim di dalam toilet seperti pada umumnya. Dari sini kemudian kru pesawat melaporkan kejadian ke petugas di darat dan diputuskan untuk mendarat darurat di kota terdekat di Austria.

Setelah pesawat mendarat sempurna dan petugas menghampirinya, pria tua itu baru bersedia keluar dari toilet. Tetapi, saat digelandang petugas, ia menolak memberikan alasan mengapa ia terlalu lama di toilet.

Penumpang yang tak disebutkan namanya itu kemudian diinterogasi petugas di ruangan. Namun, pengakuan petugas, penumpang tersebut tetap tidak memberikan alasan apapun.

Meski begitu, penumpang yang bersangkutan disebut kooperatif selama proses pemeriksaan. Setelah barang bebawaannya digeledah, petugas tak menemukan apapun. “Tidak ada benda berbahaya yang dapat ditemukan. Selama interogasi, dia tidak memberikan informasi apa pun tentang alasan perilakunya (tidak mau keluar dari toilet),” kata petugas.

Sementara pesawat diizinkan berangkat kembali menuju Zurich dan mendarat 45 menit dari yang sudah dijadwalkan, ia tetap diinterogasi.

Pria itu akhirnya diizinkan petugas meninggalkan bandara dan melanjutkan perjalanan menggunakan kereta api.

Meski tindak-tanduk pria Rusia dalam insiden itu lebih ke arah negatif, tetapi, banyak netizen di Reddit memandangnya dari sudut positif.

Baca juga: Sebelum Seperti Sekarang, Dulu Toilet Pesawat Gunakan Ember untuk Tampung Limbah Penumpang

Salah satu dari mereka menduga bahwa penumpang yang menolak keluar dari toilet dan membuat pesawat terpaksa mendarat darurat itu, mengalami apa yang disebut intoleransi laktosa.

Intoleransi laktosa biasanya disebabkan oleh kekurangan enzim dalam tubuh yang disebut laktase. Gejalanya bisa berupa kram perut, kembung, dan diare. Kolaborasi intoleransi laktosa dan efek penerbangan itulah yang pada akhirnya disebut menyebabkan penumpang itu lama menggunakan toilet.