Misteri Balok Es ‘Hujani’ Inggris, Diduga dari Toilet Pesawat Bocor

0
Ilustrasi balok es jatuh dari langit di Inggris yang diduga berasal dari toilet pesawat bocor. Foto: SWNS.com

Misteri ‘serangan’ balok es kembali terjadi. Kali ini di Eagle Avenue, Waterlooville, dekat Portsmouth, Inggris. Balok es berukuran besar menghantam dengan keras di pemukiman warga dan meninggalkan jejak bukan hanya berupa es yang sudah mencair, melainkan juga plastik. Keduanya diduga berasal dari toilet pesawat yang bocor.

Baca juga: Berpendingin Es Balok, Inilah Kereta Kepresidenan Soekarno

“Saya pikir seseorang telah menabrakkan skuter mereka di luar, ada suara mendesing cukup besar dan bunyi gedebuk, jadi saya melihat ke luar jendela dan hanya ada gumpalan es di jalan,” kata Lisa Boyd, warga sekitar.

“Kami hanya bersyukur tidak ada yang lewat dan tidak ada yang tertimpa balok es karena bisa membunuh seseorang,” lanjutnya, seperti dikutip dari The Sun.

Louise Browne, tetangga Lisa, menyebut balok es berukuran sedang itu menimpa pemukiman mereka pada malam hari. “Kami baru saja naik ke tempat tidur dan kami pikir seseorang sedang melemparkan batu kerikil ke jendela kami. Saya pikir (ukurannya) itu sekitar setengah meter persegi. Cukup besar,” jelasnya.

Diyakini, balok es misterius yang jatuh dari langit itu berasal dari toilet pesawat yang bocor saat terbang di ketinggian 35 ribu kaki. Dugaan tersebut diperkuat dengan bukti adanya kotoran manusia dan tisu toilet setelah balok es mencair.

Otoritas Penerbangan Sipil Inggris (CAA) sendiri mengklaim semua limbah toilet tetap tersimpan di pesawat sampai akhirnya ditampung di kendaraan khusus untuk persiapan penerbangan berikutnya.

Misteri balok es jatuh dari langit sebelumnya beberapa kali terjadi di Britania Raya. Pada 2018 lalu, balok es sebesar 20 kg jatuh dari langit dan menewaskan petugas kebersihan jika sampai terkena. Untungnya tak terkena.

Amir Khan, pria 39 tahun yang bekerja di sebuah perusahaan taksi terdekat, mengatakan kepada Evening Standard bahwa kejadian yang ia lihat seperti adegan pada film.

“Rasanya seperti awalan film bencana seperti The Day After Tomorrow. Peristiwa itu menimbulkan suara keras seperti meteorit runtuh. Petugas pembersih jalanan begitu bingung dan takut. Semua orang berlari keluar untuk melihat langit. Gila,” ujar Amir.

Baca juga: Tangki Toilet Kosong Saat Mendarat, Patut Diduga Pesawat Buang Kotoran di Udara

Sama halnya seperti insiden jatuhnya balok es di Portsmouth, insiden di jalanan di Kew, London Barat, itu diperkirakan jatuh dari pesawat terbang. Sebab, lokasi peristiwa tersebut merupakan jalanan menuju Bandara Heathrow. Otoritas Penerbangan Sipil mengatakan bahwa sekitar 30 es jatuh terjadi per tahun, yang bisa disebabkan oleh kebocoran dari pesawat.

Setahun sebelumnya, kebun rumah warga di Busby, East Renfrewshire, Skotlandia juga pernah dihujani balok es berukuran besar. Beruntung, balok es tak menimpa warga dan mencederai atau bahkan menewaskannya.