Gegara Pipa Toilet Dipasang di Saluran Air Minum, Kepala Stasiun di India Kena Sanksi

0
Ilustrasi pipa toilet di pasang pada pipa air minum (indiatoday.in)

Apa jadinya bila pipa toilet digunakan pada saluran air minum? Menjijikkan? Ini sudah barang pasti dan membuat banyak orang menghindari saluran air karena tidak baik untuk kesehatan. Bahkan hal ini membuat seorang kepala stasiun harus ditangguhkan dari pekerjaannya.

Baca juga: Manakah yang Bakal Jadi Solusi Toilet di Stasiun Kereta India: Bio-Toilet Atau Toilet Hibrida?

KabarPenumpang.com melansir dari laman news18.com (7/3/2021), kepala stasiun ini ditangguhkan setelah seorang pekerja sanitasi outsourcing memasang pipa toilet ke tangki yang berisi air minum. Insiden tersebut terjadi pada 1 Maret kemarin di Stasiun Garoth Mandal yang berada di bawah divisi kereta kota, kata manajer komersial divisi senior Ajay Kumar Pal.

“Seorang pekerja sanitasi dari perusahaan swasta memasang pipa toilet ke tangki air minum, yang dibersihkan secara menyeluruh setelah kesalahan dan diuji untuk diminum. Kepala Stasiun Chauthmal Meena ditempatkan di bawah skorsing dan pekerja sanitasi dikeluarkan dari tugas,” ujar Pal.

Laporan ini hadir setelah insiden tersebut menjadi viral di media sosial Twitter. Kemudian pada 5 Maret West Central Railways langsung mengambil tindakan dan mengeluarkan pernyataan yang menyebutkan bahwa mereka tengah melakukan penyelidikan pada insiden tersebut.

Berita ini mengejutkan ditengah melonjaknya kasus virus corona di beberapa negara bagian termasuk Maharashtra yang baru-baru ini melihat lonjakan kasus varian baru Covid-19. Insiden itu juga terungkap di tengah tur Kereta Api Kota Mandal untuk mencatat fasilitas penumpang.

Beberapa penumpang mengeluhkan sikap kereta api yang ceroboh dan ancaman terhadap kesehatan penumpang yang disebabkan oleh kesalahan tersebut. Di mana penumpang diberitahu bahwa di satu sisi kereta api sedang dalam perjalanan keliling kota Mandal untuk mencatat fasilitas penumpang.

Baca juga: Tak Dibuang Begitu Saja, India Daur Ulang Air Bekas Cucian Lokomotif

Di sisi lain, administrasi perkeretaapian sedang mempermainkan kesehatan para penumpang. Dalam kasus tersebut, para pejabat mengatakan ada pengaturan terpisah untuk air di tangki untuk diminum penumpang. Bagaimana pipa toilet masuk ke tangki sedang diselidiki. Perlu dicatat bahwa wilayah Divisi Kereta Api Kota cukup luas.

Leave a Reply