Gegara Semprotan Tabir Surya, Kereta Cepat Cina Harus Berhenti Mendadak

Wanita yang menggunakan semprotan tabir surya (www.scmp.com)

Alarm kebakaran di dalam kereta tiba-tiba menyala dan membuat masinis menghentikan kereta, biasanya akan mengganggu perjalanan penumpang dan kereta lainnya di dalam jaringan yang sama. Pada Juni 2018 kemarin, sebuah kereta cepat di Cina harus berhenti mendadak dikarenakan alarm kebakaran menyala.

Baca juga: Terjebak di Kereta Karena Salju, Penumpang Southeastern Tarik Alarm Darurat dan Melompat Turun

Menyalanya alarm kebakaran sendiri disebakan adanya seorang wisatawan yang menggunakan tabir surya semprot ke bagian tubuhnya saat berada di dalam toilet. KabarPenumpang.com melansir dari laman scmp.com (29/6/2018), awanya seorang wanita masuk ke toilet kereta untuk menggunakan tabir surya semprotnya.

Sayangnya karena semprotan itu mengeluarkan asap, kemudian disalahartikan oleh sensor kebakaran kereta. Sehingga ini memicu alarm kebakaran untuk menyala dan memaksa pengemudi kereta berhenti. Kereta cepat tersebut sebenarnya dalam perjalanan dari Zhengzhou ke Anyang.

Karena insiden salah tangkap dari sensor kebakaran, kemudian membuat staf kereta api melakukan penyelidikan terhadap hal tersebut. Setelah diketahui masalahnya kemudian kereta cepat kembali mengular di rel setelah tiga menit mengalami penundaan karena tidak terlihat adanya kebakaran yang terjadi. Insiden ini kemudian membuat penundaan perjalanan kereta dan layanan lainnya juga terganggu di jaringan.

“Ruang toilet sangat terbatas, semprotan menghasilkan sejumlah partikel asap yang kemudian terdeteksi oleh sensor alarm,” ujar seorang teknisi keret cepat setelah melakukan penyelidikan.

Wanita yang diketahui menggunakan semprotan tabir surya tersebut ternyata menderita fotodermatitis. Dimana kondisi alergi yang mengarah ke peradangan kulit ketika terkena sinar matahari. Wanita yang tidak diketahui namanya tersebut terkejut ketika tahu kereta berhenti karena dirinya menggunakan tabir surya semprot.

“Saya merasa sangat menyesal untuk hal ini,” ujar wanita tersebut.

Baca juga: Halau Rusa di Jalur Kereta, Peneliti Jepang Pasang Klakson Suara Anjing Melolong di Lokomotif

Diketahui, penumpang yang membuat alarm palsu dan membuat kereta berhenti tiba-tiba bertanggung jawab dan bisa mendapat hukuman. Tetapi untuk pelancong wanita tersebut tidak ada tindakan apapun yang diambil dalam kasusnya.

Sebab semprotan tabir surya yang dibawa oleh dirinya tidak ada dalam daftar barang yang dilarang oleh kereta api. Apalagi semprotan tersebut digunakan untuk kulit yang terpapar sinar matahari.