George Bush 41, Lokomotif Pemberian Union Pacific Kepada Presiden AS ke-41

Sumber: PWRS Pacific Western Rail Systems

30 November 2018 kemarin, dunia dikejutkan dengan kabar duka dari Amerika Serikat, dimana Presiden ke-41 mereka, George HW Bush dinyatakan meninggal dunia dalam usia 94 tahun. Namun siapa yang menyangka bahwa semasa hidupnya, George HW Bush punya peranan yang cukup penting dalam dunia perkeretaapian Amerika.

Baca Juga: Serba-Serbi Amtrak, Kereta Jarak Jauh Yang Sering Mejeng di Film Hollywood

Kembali ke tahun 2005, dimana Perpustakaan Kepresidenan George Bush menyambut salah satu lokomotif dari Union Pacific – sebagai bentuk penghormatan kepada Presiden. Adapun kereta seberat 420.000 pound ini juga memiliki cat khusus, dimana warna biru dan putih mendominasi body – mirip dengan jet Presiden Air Force One.

Namun lokomotif bertuliskan angka 4141 pada bagian samping ruang masinis ini baru saja ditinggal sang empunya, dan si ular besi nantinya akan didaulat memiliki peranan besar dalam prosesi pemakaman sang Presiden. Berbeda dengan kebanyakan lokomotif, kepala kereta ini juga dilengkapi oleh livery bertuliskan nama George Bush 41, dimana angka 41 itu sendiri mewakili Bush yang pernah menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat ke-41.

“Ini adalah hari yang luar biasa emosional bagi kami. Ini adalah hari yang hebat untuk Texas A & M dan untuk Perpustakaan Kepresidenan George Bush dan kereta ini akan mengular ke seluruh negeri dan saya sangat berterima kasih kepada Union Pacific dan Dick Davidson, teman saya, untuk mewujudkan semua angan ini, ” kata Bush kala itu, dikutip KabarPenumpang.com dari laman kbtx.com (2/12/2018).

Kecintaan Bush pada kereta ini sampai-sampai membuat stigma baru di masyarakat, seolah keduanya tidak bisa dipisahkan satu sama lain.

“Tidak banyak orang mendapatkan lokomotif yang didedikasikan khusus untuk mereka, tetapi hal yang baik tentang itu adalah kereta ini milik Museum Perpustakaan Kepresidenan George Bush dan Union Pacific benar-benar menempatkan lokomotif itu dalam pelayanan selama sekitar satu tahun atau mungkin lebih, “kata Direktur Perpustakaan Kepresidenan George Bush, Warren Finch.

Baca Juga: Lyft Gaet Amtrak Dalam Layani Perjalanan Penumpangnya

Selama beberapa tahun terakhir, lokomotif telah disimpan di Union Pacific Rail Yard di Little Rock Utara, Arkansas.

“Sungguh luar biasa bagi kami dan Union Pacific adalah mitra yang hebat,” tambah Finch.

Selamat Jalan, George HW Bush!