Glacier Express, Antarkan Anda Nikmati Indahnya Pemandangan Swiss

0
Sumber: swissholidayco.com

Selain terkenal dengan cokelat dan pegunungan Alpennya, Swiss juga memiliki satu alternatif perjalanan wisata yang patut dipertimbangkan. Glacier Express, sebuah kereta wisata yang akan membawa Anda menikmati keindahan pemandangan di sepanjang jalur St. Moritz dan Zermatt di Swiss. Selain itu, kereta ekspres ini juga akan mengajak Anda mengarungi kawasan gunung Piz Bernina dan Matterhorn. Jadi, mungkin sudah sedikit terbayang dengan apa saja yang bisa Anda lihat sepanjang perjalanan menggunakan kereta yang melakukan perjalanan pertamanya pada  25 Juni 1930 ini.

Baca Juga: Belmond Andean Explorer, Kereta Tidur Pelintas Pegunungan Andes

Kala itu, Glacier Express masih dioperasikan oleh tiga perusahaan kereta api, yaitu Brig-Visp-Zermatt Bahn (BVZ), Furka Oberalp Bahn, dan RhB. Nama Glacier Express sendiri diambil dari Rhone Glacier, nama salah satu sungai es terbesar yang terletak di dekat kawasan Gletsch di Furka Pass, Swiss. Selama rentan 1943-1946, kereta ekspres ini sempat dinonaktifkan sementara waktu karena meletusnya Perang Dunia II. Ketika akhirnya kembali beroperasi, Glacier Express menambah fasilitas dining service dari rute perjalanan ke puncak Oberalp Pass.

Interior First Class Glacier Express. Sumber: eurail.com

Dari dalam kereta, Anda bisa menikmati pemandangan menakjubkan sepanjang perjalanan melalui jendela kaca yang ukurannya lebih besar dari kereta api pada biasanya, ditambah dengan kaca tambahan yang terdapat pada bagian atas kepala penumpang. Kebersihan dan interior dalam kereta ini juga terjaga, sehubungan dengan fungsi utama dari kereta ini, yaitu sebagai kereta wisata. Layaknya pada moda-moda lainnya, Glacier Express juga memiliki dua pilihan kelas, yaitu First Class dan Second Class. Dari namanya saja sudah jelas terpapar bahwa First Class memiliki kelebihan dari kelas lainnya, yaitu dari tempat duduk dan lebar lorong yang berbeda.

Anda tidak perlu takut akan kelaparan di dalam sini karena lupa membawa perbekalan, karena Glacier Express pun menawarkan pilihan berbagai macam penganan yang bisa Anda pesan kepada para kru kereta. Namun, tidak ada masalah jika Anda membawa bekal sendiri.

Baca juga: Rute Ekstrim Kereta Bergerigi di Swiss, Kemiringannya Hingga 48%

Perjalanan menggunakan Glacier Express ini memakan waktu 8 jam dengan jarak 180 mil atau kurang lebih sekitar 290km ini akan membawa kita melintasi areal daratan dan perbukitan pada ketinggian 1500 mdpl, melintasi 291 jembatan dan 91 terowongan, termasuk terowongan yang terkenal sebagai terowongan terpanjang di dunia. Kemudian Anda akan dibawa melihat indahnya Sungai Rhone dan Rhine sekaligus, serta melambat di Oberalp Pass pada ketinggian 2.033mdpl. Sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhi oleh pemandangan yang sangat indah mulai dari padang rumput, perkebunan anggur dan hamparan hijaunya rerumputan hingga puncak gunung yang tertutupi oleh salju, sungguh syahdu.

Sumber: raileurope-world.com

Tidak lama setelah kereta bertolak dari stasiun St. Moritz di daerah Graubünden, Glacier Express akan melewati Samedan dan Bever di dataran tinggi Engadin. Kereta akan terus membawa Anda memasuki Terowongan Albula tepat di bawah Albula Pass. Glacier Express akan terus berlari melewati Preda, sebelum akhirnya melewati stasiun pertama di Albula Valley dan terus melaju menuju Bergün/Bravuogn. Selama perjalanan, Anda akan menemukan Landwasser Viaduct dan sungai Phosterior Rhine sebelum akhirnya sampai di kota Chur. Dari Chur, kereta akan melewati jurang Ruinaulta dan menanjak hingga mencapai kawasan Ilanz, Disentis/Mustér, dan Sedrun. Jalanan akan semakin curam sebelum mencapai puncak Oberalp Pass pada ketinggian 2.033 meter di atas permukaan laut. Selanjutnya, memasuki Canton of Uri di kawasan Swiss Pusat dan terus berjalan hingga Andermatt. Kereta mulai memasuki kawasan Furka ketika Anda mulai menemukan lembah Urserental yang melalui desa Hospental dan Realp. Lalu kereta akan terus mengular melalui Terowongan Furka Base dengan menanjaki lintasan Furka Pass yang berakhir di Oberwald. Setelah itu, Glacier Express akan membawa Anda menuju Brig dan memungkinkan Anda untuk menikmati keindahan alam dari desa Ulrichen, Münster-Geschinen, dan Fiesch.

Baca Juga: India Hadirkan Kereta Kubah Kaca Untuk Tarik Wisatawan

Setelah mencapai Brig, kereta terus melaju hingga Visp, lalu memasuki kawasan lembah Mattertal dan menanjak hingga melalui desa Staldem, St. Niklaus, dan Randa. Di sinilah Anda akan menemukan pemandangan menakjubkan dari puing-puing reruntuhan yang memisahkan jalanan dan rel kereta api pada tahun 1991. Tidak jauh dari sana, terdapat stasiun Täsch yang menjadi salah satu tempat penting karena terletak di jalanan terbuka. Setelah melalui jalur yang curam, kereta pun akan tiba di Zermatt yang terletak pada ketinggian 1.616 mdpl.

Jadi, jika Anda berkesempatan mendatangi Swiss, silakan mencoba untuk meluangkan sedikit waktu untuk bisa menikmati perjalanan menggunakan Glacier Express. Untuk pemesanan tiket, Anda bisa mencari info lebih lanjut di internet.

Leave a Reply