Glasgow, Kereta bawah Tanah Tanpa Awak Pertama di Inggris, Meluncur 2020

0
(Youtube)

Teknologi kendaraan tanpa awak semakin hari semakin berkembang pesat. Teknologi ini telah merambah bus, mobil pribadi bahkan kereta api. Di Inggris, pada tahun 2020 mendatang dikabarkan akan menggunakan kereta tanpa awak yang melakukan pengoperasiannya.

Baca juga: Cina Luncurkan ART, Kereta Otonom Tanpa Rel Untuk Kota Kecil

Diperkirakan kereta bawah tanah Glasgow ini akan menjadi yang pertama di Inggris dalam beroperasi tanpa awak sama sekali. Kereta otonom ini akan diuji coba akhir tahun 2018 dan menjadi akan membuat perubahan baru di Inggris.

KabarPenumpag.com melansir dari laman bt.com (5/1/2018), jaringan kereta bawah tanah tanpa awak atau otonom ini diperkirakan menghabiskan dana £288 juta untuk perubahan sistem tersebut. Adapun yang dirubah dan dirombak yakni kereta api, peralatan sinyal baru hingga percobaan yang akan dijalankan dengan beroperasi sepenuhnya dengan sistem tanpa awak sama sekali.

Pengoperasian kereta tanpa awak ini oleh Strathclyde Partnership for Transport (SPT) dan mengatakan bahwa kereta api, sinyal, pusat kendali operasional dan pintu atas platform semuanya akan otomatis. Hal ini bisa juga dikatakan sistem operasi kereta tanpa ada penjagaan atau Unattended Train Operations (UTO).

Adapun beberapa bagian dari London Underground ini beroperasi secara otomatis yang salah satunya adalah kereta api di Docklands Light Rail. Tetapi dalam gerbong kereta tersebut masih ada awak yang mengoperasikan tutup buka pintunya.

Uji coba tersebut akan di lakukan di dekat Ibrox dan jika ini behasil, maka kereta akan diluncurkan pada tahun 2020 mendatang. Pihak SPT mengatakan pada kereta dalam jam tersibuk akan menempatkan awaknya dan CCTV digunakan untuk digunakan dalam menjaga keamanan.

“Kami akan selalu memiliki awak di sistem ini, tapi bukan rencana kami untuk memiliki awak kereta di setiap kereta api. Ini akan menjadi kereta tanpa sopir pertama di Inggris,” ujar Direktur Senior SPT Charles Hoskins.

Baca juga: AutoHaul, Kereta Diesel Otonom di Australia Barat

Kereta tanpa awak tersebut adalah buatan Swiss dan akan beroperasi setiap tiga menit dibandingkan dengan sistem saat ini. Pada layanan di hari Minggu dan saat malam akan lebih banyak dari biasanya.

Leave a Reply