Glasgow Queen Street, Ternyata Salah Satu Stasiun Tidak Menarik di Inggris

Stasiun kereta api Glasgow Queen Street (urbanglasgow.co.uk)

Asal muasal jaringan kereta di dunia bermula dari Inggris, maka wajar jika sejarah perkeretaapian di Inggris amat kental dengan perkembangan beragam jenis kereta dan stasiun sebagai infrastruktur pendukung. Namun ternyata, tidak semua stasiun di Inggris adalah tempat yang menarik untuk di datangi dalam memudahkan perjalanan penumpang.

Baca juga: Menyoal Kepadatan Penumpang Kereta di Inggris, Desainer ini Adopsi Konsep Kursi Bar dan Jemuran

Glasgow Queen Street adalah salah satu stasiun yang paling tidak populer di Inggris menurut data baru-baru ini. Setidaknya ada 58 persen penumpang yang mengatakan puas dengan pelayanan Glas Queen Street dari hasil survei yang dilakukan pengawas kereta independen Transport Focus.

KabarPenumpang.com melansir dari laman telegraph.co.uk (7/5/2018), hasil tersebut didapat Transport Focus setelah mensurvei lebih dari 28 ribu penumpang dengan 56 stasiun. Survei ini sendiri dilakukan pada bulan September dan November 2017 tak lama setelah proyek modernisasi senilai £100 juta atau sekitar Rp1,9 miliar dimulai di Glasgow Queen Street.

Penasihat penjualan dari Stirling, Cameron MacIntosh mengatakan, stasiun ini seperti situs bom mutlak sekarang dan benar-benar terlihat seperti dunia ketiga. Tak hanya itu seorang teknisi bernama John McInnes mengatakan, dirinya berharap pemeritah akan menyelesaikan stasiun ini karena terlihat seperti bencana baru.

“Memalukan membawa teman atau relasi ke sini. Mereka tidak dapat mempercayai kekacauan tempat ini,” ujar McInnes.

Lain lagi dengan Margaret McGinley seorang resepsionis yang mengatakan, stasiun tersebut akan terlihat buruk untuk sementara waktu. Tetapi dirinya berpikir ini akan menakjubkan ketika renovasi selesai dikerjakan.

Sedangkan menurut Transport Focus, prioritas utama penumpang pada stasiun yang dikunjunginya adalah terkait masalah informasi kedatangan kereta, ruang tunggu, tampilan stasiun secara keseluruhan dan nuansa di stasiun itu sendiri. Tak hanya Glasgow Queen Street, di tempat kedua adalah stasiun yang melayani bandara Gatwick kemudian Oxford dan Clapham Junction.

Untuk Gatwick sendiri nilai kepuasannya hanya 66 persen, Oxford 67 persen dan Clapham Junction 69 persen. Selain itu ternyata Glasgow Queen Street merupakan stasiun tersibuk ketiga di Skotlandia dan menangani sekitar 20 juta penumpang per tahunnya.

Nantinya setelah direnovasi, pihak pemerintah berharap stasiun ini mampu melayani 28 juta penumpang pada 2030 mendatang. Berdasarkan rencana yang sudah disusun, stasiun ini akan selesai pembangunan dan renovasi pada Juni 2019 mendatang.

Baca juga: Mudahkan Penumpang Cari Kursi Kosong, Mulai September 2018 Kereta Komuter Inggris Gunakan Sensor

“Sementara Glasgow Queen Street sedang dibangun kembali penting bahwa Aliansi ScotRail terus berbicara dengan penumpang tentang perbaikan dan memastikan staf siap untuk membantu,” ujar kepala eksekutif Transport Focus Anthony Smith.

Diketahui, bukan hanya stasiun yang buruk tetapi ada juga stasiun yang memiliki kepuasan tertinggi. Empat stasiun teratas tersebut adalah London King’s Cross, London St Pancras, Birmingham New Street dan Reading, yang semuanya memiliki peringkat kepuasan di atas 90 persen.