Glenfinnan Viaduct! Jembatan Harry Potter Yang Pernah Selamatkan Keluarga Kecil

Sumber: deviantart.net

Bagi para pecinta film fiksi yang diangkat dari novel karangan J. K. Rowling, tentu tidak asing dengan scene di film Harry Potter yang menampilkan sebuah jembatan kereta api kuno berlatarkan pemandangan klasik khas pegunungan di Skotlandia. Ya, jembatan kereta ini memang selalu dilewati Harry Potter cs. untuk sampai di sekolah sihir mereka, Hogwarts. Mungkin beberapa dari Anda bertanya-tanya, apakah jembatan indah ini benar-benar ada, atau hanya sekedar imajinasi sang sutradara yang divisualkan menggunakan teknologi green-screen?

Baca Juga: Jembatan Pamban, Selipkan Maut Dibalik Keindahan Pemandangannya

Jika Anda mengira jembatan ini tidaklah ada, maka Anda salah besar. Dilansir KabarPenumpang.com dari laman beragam sumber, Glenfinnan Viaduct merupakan sebuah jembatan kereta api di Jalur Highland Barat di Glenfinnan, Inverness-shire, Skotlandia. Jembatan ini terletak di puncak Loch Shiel di West Highland. Jembatan ini menghadap ke Monumen Glenfinnan dan Danau Loch Shiel.

Sumber: myhighlands.de

Keindahan jembatan yang menghubungkan Fort William dan Mallaig di Dataran Tinggi Skotlandia ke Glasgow di Central Scotland ini memang menjadi sebuah paket perjalanan yang amat memanjakan mata. Hamparan tundra bak di negeri dongeng akan setia menemani perjalanan Anda dari stasiun Glasgow Queen Street ke dua destinasi di atas. Tak ayal, pemandangan yang tersaji mengundang decak kagum setiap penumpang, terutama wisatawan asing.

Glenfinnan Viaduct sendiri sebenarnya sudah bisa digunakan pada bulan Oktober 1898 untuk menjembatani kereta yang hendak melintas di atas sungai Finnan, namun karena satu dua hal, jembatan ini baru dioperasikan pada 1901 atau membutuhkan waktu empat tahun pembangunan. Kala itu, proyek pembangunan Glenfinnan Viaduct ini menelan dana sebesar £18,904 atau yang setara dengan Rp302 juta kurs sekarang.

Saking bangganya dengan prasarana transportasi yang mereka miliki, Bank Skotlandia sampai pernah mencantumkan gambar Glenfinnan Viaduct di specimen uang pecahan £10. Tidak hanya terkenal di film Harry Potter saja, jembatan ini juga sempat menjadi latar belakang dari beberapa film ternama, seperti Ring of Bright Water, Charlotte Gray, Monarch of the Glen, dan Stone of Destiny.

Baca Juga: Cavenagh Bridge, Jembatan Tertua di Singapura. Indonesia Punya Lebih Tua, Lho!

Selain keindahan yang sudah dijabarkan di atas, Glenfinnan Viaduct juga dikabarkan telah menjadi media penyelamat bagi keluarga kecil yang tengah menginap di sebuah pondok terpencil di Lochaber, Skotlandia pada pertengahan Oktober 2017 kemarin. Sebuah bencana banjir melanda penginapan mereka dan memaksa keluarga kecil tersebut kembali ke mobil yang mereka parkirkan lima kilometer jaraknya dari penginapan.

Karena lokasi yang sudah digenangi oleh air, maka Jon Cluett memutuskan untuk menelepon polisi dan regu penyelamat untuk membantu proses evakuasi mereka. Namun pihak kepolisian memiliki ide brilian, dengan meminta kereta yang melalui jalur West Highland Railway untuk berhenti sejenak di dekat pondok keluarga Cluett tersebut. Kebetulan, kereta yang kala itu melintas ternyata sangat familiar, yaitu kereta yang mengambil peran sebagai Hogwarts Express di serial Harry Potter.

Setelah mengemasi barang-barangnya, keluarga Cluett langsung dapat dengan mudah mengidentifikasi kereta yang dimaksud oleh si polisi tengah terparkir  di dekat Glenfinnan Viaduct dan keluarga beranggotakan empat orang tersebut dapat terselamatkan.