Graceful Super Express, Cikal Bakal Layanan Kereta Jarak Jauh Tokyo-London

0
Kereta seri 70 ribu Graceful Super Express (independent.co.uk)

Kereta listrik Odakyu di Jepang menghadirkan rangkaian kereta barunya dengan seri 70.000 Graceful Super Express untuk Romancecare dengan layanan ekspres terbatas. Layanan kereta ini diluncurkan pada 5 Desember 2017 kemarin dan akan mulai beroperasi secara penuh pada Maret 2018 mendatang.

Baca juga: Trans-Siberia, Kereta Yang Mengubah Takdir Cinta

Kereta ini berjalan di jalur Odakyu Odawara antara stasiun Shinjuku di Tokyo, Odawara, Enoshima, Tama New Town dan Hakone. KabarPenumpang.com merilis dari laman independent.co.uk (8/12/2017), diketahui Jepang Nippon Sahryo akan memasok dua dari tujuh kereta api ini.

Bukan hanya pembuat kereta tipe baru tersebut, Nippon Sharyo juga merupakan pembuat kereta Shinkansen serta kereta untuk MRT Jakarta. Kereta seri baru tersebut mampu menampung 400 penumpang di masing-masing kereta sepanjang 142 meter.

Dalam kereta juga akan menghadirkan satu bar yang memiliki 16 kursi dengan jendela setinggi satu meter dan panorama yang dirancang agar penumpang bisa menikmati pemandangan sepenuhnya. Mobil atau gerbong kereta ini memiliki suspensi aktif elektro hidrolik yang dibuat untuk mengurangi getaran di sisi-sisinya.

Uniknya rak tempat penyimpanan barang yang biasanya berada di atas kepala, di kereta ini justru berada di bawah tempat duduk dan dirancang agar sesuai dengan tas berukuran temporer untuk dibawa dari atau ke bandara. Desain universal menjadi pertimbangan proyek kereta tersebut, salah satunya adalah ramah untuk penyandang disabilitas yang menggunakan kursi roda.

Sebab dengan kemudahan ini, kursi roda memiliki ruang khusus dalam desain kereta tersebut. Tak hanya itu, para penumpang bisa menikmati WiFi gratis dan untuk wanita yang sedang menyusui atau penumpang yang tidak sehat juga disediakan ruang beristirahat serba guna.

Total pembuatan dua kereta ini diperkirakan sekitar ¥4 miliar atau sekitar Rp477.642.960.000. Adanya kereta tersebut setelah kabar pada bulan September lalu dimana pemerintah Rusia mengusulkan rute 8400 mil atau sekitar 13.500 km yang akan menghubungkan London ke Tokyo dengan kereta api.

Nantinya, proyek ini juga melibatkan pembangunan jembatan 28 mil atau sekitar 45,96 km di wilayah Laut Timur. Berangkat dari London, kereta akan membawa penumpang melewati jantung kota Rusia sebelum sampai di Wakkanai, Jepang. Serunya, penumpang juga akan merasakan suasana pegunungan Siberia. Kedepannya dengan adanya jalur ini juga untuk meningkatkan investasi di wilayah timur Rusia dimana Putin melakukan pembicaraan yang serius dengan para pejabat Jepang untuk memulai proyek tersebut.

Baca juga: Jalur Kereta Trans-Siberia Capai Usia 100 Tahun

Sebelum rencana Rusia menuju Jepang dengan kereta api, sudah ada Trans Siberia dari Beijing melalui jalur Mongolia menuju ke Moskow dan tiba di ibukota Rusia dengan memakan waktu sekitar 15 hari perjalanan.

Leave a Reply