Gubernur DKI Tuduh Proyek MRT Jadi Biang Banjir, Ini Tanggapan PT MRT Jakarta!

0
Sumber: poskotanews.com

Hujan lebat yang menerpa Ibukota beberapa hari ke belakang ternyata membangkitkan penyakit tahunan di kota ini, yaitu banjir. Seperti yang kita ketahui bersama, banjir yang menggenangi Jakarta merupakan PR abadi Pemprov DKI Jakarta dari masa ke masa yang hingga kini masih dicari solusinya. Selain pentingnya kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyebutkan bahwa faktor lain yang menyebabkan Jakarta banjir lagi adalah adanya proyek MRT.

Baca Juga: Terowongan MRT di Singapura Kebanjiran? Ini Dia Penyebabnya!

Dihimpun KabarPenumpang.com dari berbagai sumber, Anies mengatakan bahwa proyek MRT telah menghambat laju air hujan. “Gatsu (Jalan Gatot Subroto) daerah selatan yang terjadi genangan cukup tinggi Kuningan. Saya komunikasi, cek langsung masalahnya adalah karena sebagian dari tali air terhambat proyek yang sedang berjalan, baik MRT, LRT maupun proyek lain,” kata Anies, dikutip dari laman liputan6.com (12/12/2017).

Anies menyebut, Dinas Sumber Daya Air sudah mengingatkan pihak proyek (MRT dan LRT) untuk menyelesaikan tali air yang terhambat karena proses pembangunan, namun tidak ada tindak lanjut. Oleh karena itu ia memastikan akan menindak tegas. “Kita akan tegas bahwa jangan menyepelekan soal saluran air, proyek harus jalan tapi saluran air juga harus diperhatikan karena itu merepotkan warga,” ujarnya.

Sementara itu, PT MRT Jakarta (PT MRTJ) selaku pengemban proyek MRT mengklaim bahwa apa yang mereka lakukan selama ini sudah mematuhi peraturan yang ada, termasuk dengan menjaga sistem drainase di lokasi proyek. “Pada dasarnya, kita dapat memastikan bahwa apa yang kita lakukan sejak awal adalah sesuai dengan Amdal [analisis dampak lingkungan], dan kita selalu menjaga sistem drainase,” petik sekretaris PT MRTJ, Tubagus Hikmatullah, dikutip dari sumber yang berbeda. Lebih lanjut, Tubagus mengatakan bahwa bahan sisa yang dihasilkan oleh proyek tersebut dibuang dengan benar supaya tidak menyumbat saluran air.

Baca Juga: Tiga Kota Ini Jadi Benchmark PT MRT Jakarta Untuk Pengembangan Jaringan Bawah Tanah

Ya, masalah banjir di Ibukota memang selalu menuai polemik yang seolah tak berujung. Saling lempar tuduhan seperti sudah menjadi hal yang lumrah dalam kasus ini. Pentingnya kesadaran dari diri sendiri untuk tidak membuang sampah sembarangan akan sangat membantu Pemerintah dalam mengentaskan masalah banjir ini.

Leave a Reply