Gunakan Aplikasi KAI Access, Kini Tak Perlu Antre Cetak Boarding Pass di Stasiun

E-Boarding melalui KAI Access (Detik.com)

Pelanggan pengguna aplikasi KAI Access milik PT Kereta Api Indonesia (Persero) patut berbangga. Pasalnya, kini perlu lagi mengantre untuk mencetak boarding pass sebagai tanda bukti bahwa Anda adalah penumpang kereta saat di stasiun. Pasalnya jika Anda membeli tiket kereta dari KAI Access maka, E-boarding pass atau boarding pass elektronik akan langsung diterbitkan melalui KAI Access versi terbaru.

Baca juga: Update Terbaru Aplikasi KAI Access, Tawarkan Fitur Check In Online dan Pesan Meals

“Penumpang tidak perlu antre check in dan cetak boarding pass di mesin cetak. Penumpang cukup melakukan scan barcode boarding pass pada aplikasi KAI Access di smartphone penumpang saat pemeriksaan boarding gate dengan tetap menunjukkan kartu identitas yang sesuai dengan data pada tiket,” ujar Edi Sukmoro, Direktur Utama PT KAI.

Boarding pass elektronik ini sudah resmi rilis sejak 2 Oktober 2017 lalu dan membuat proses pelayanan penumpang di stasiun keberangkatan menjadi semakin praktis. Sayangnya, boarding pass elektronik ini hanya bisa diterbitkan khusus pemesan tiket dengan melalui aplikasi KAI Access versi terbaru dan bisa di unduh dua jam sebelum keberangkatan kereta api.

Jika sudah menerbitkan e-boarding pass melalui aplikasi KAI Access, secara otomatis penumpang tidak dapat mencetak boarding pass di mesin check in di stasiun, atau sebaliknya. Sedangkan untuk pengguna aplikasi lain yang juga menjual tiket kereta api, penumpang tetap harus mencetak boarding pass di mesin cetak dan di lokasi stasiun tempat keberangkatan.

“Untuk penumpang yang membeli melalui aplikasi lain, tetap seperti biasa mencetak boarding pass di mesin,” ujar Humas PT KAI Agus Komaruddin yang dihubungi KabarPenumpang.com, Rabu (10/1/2018). Agus menambahkan, untuk fitur lainnya yang ada di aplikasi seperti E-Moda dan E-Porter saat ini masih dalam proses untuk bisa di gunakan. Dia mengatakan, kedua fitur ini akan dirilis secepat mungkin.

Baca juga: Akhirnya! Kereta Wisata Priority Keluar Juga Dari Depo KAI

“Kita untuk E-Meals sudah bisa digunakan seperti E-Boarding, sedangkan E-Moda dan E-porter karena bekerja sama dengan pihak luar, maka masih nunggu. Bisa pertengahan tahun, akhir tahun ini atau bisa juga besok. Tergantung nantinya,” jelas Agus.