Hadirkan Bus Otonom, Ericsson Gandeng Perusahaan Lokal Swedia

Sumber: newatlas.com

Salah satu raksasa telekomunikasi dunia, Ericsson baru-baru ini diketahui telah menjalin kerja sama dengan penyedia jasa layanan transportasi lokal asal Swedia, untuk melakukan uji coba bus otonom. Adapun uji coba yang akan bergulir di jalan umum di kota Stockholm ini berlangsung selama enam bulan ke depan. Tidak lain dan tidak bukan, uji coba ini bertujuan untuk  menguji ‘ketangguhan’ kendaraan otonom yang selama ini masih diragukan oleh banyak pihak.

Baca Juga: Pangkas Human Error, Nanyang University Gandeng Volvo Hadirkan Bus Otonom

Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman newatlas.com (25/1/2018), tidak ada perlakuan khusus terhadap medan uji cobanya. Aktifitas di jalanan akan berjalan normal adanya, sehingga kedua perusahaan ini bisa melihat bagaimana masterpiece ini beroperasi di jalanan yang dipenuhi oleh mobil, pesepeda, dan pejalan kaki. Walaupun mereka menyebutnya sebagai bus, pada kenyataannya kendaraan ini tidaklah sebesar bus dengan ukuran tanggung sekalipun.

Electric Vehicle (EV) ini mampu menampung 11 penumpang dalam sekali perjalanan dan mampu melaju hingga kecepatan 24 km/jam dalam kondisi cuaca yang kurang baik seperti hujan atau badai. Menurut rumor yang beredar, penumpang tidak akan dikenakan biaya sepeserpun ketika masa uji coba. Adapun kemampuan mengemudi secara otonom yang dimiliki oleh bus ini dipasok oleh platrofm API Connected Urban Transport (CUT) milik Ericsson. Penggunaan platform ini memungkinkan bus untuk ‘berkomunikasi’ dengan sensor yang ada di pemberhentian bus, lampu lalu lintas, dan marka jalan.

Penggunaan sistem serupa telah berhasil di beberapa negara, seperti yang terjadi di Belanda, dimana penambahan platform off-the-shelf memungkinkan penyedia jasa layanan mendapatkan data lalu lintas lokal, sehingga kecerdasan buatan yang terpasang di moda ini mampu memilih rute lain yang terhindar dari macet, mengingat kendaraan ini merupakan moda antar-jemput yang hanya melayani dua pemberhentian saja.

Baca Juga: Coba Peruntungan, Sony Ciptakan Mobil Otonom Futuristik!

Pengujian bus antar-jemput otonom ini merupakan satu tahap dari proyek inovasi Drive Sweden, yang diluncurkan oleh pemerintah Swedia pada tahun 2015 silam. Proyek ini memiliki fokus untuk menangani masalah keselamatan, infrastruktur, dan undang-undang yang meliputi kendaraan otonom. Jika berhasil, uji coba kedua yang direncanakan bergulir pada pertengahan tahun 2018 ini juga akan mencantumkan konektivitas 5G ke dalam moda otonom ini.