Hajar Jembatan, Pengemudi Bus Tingkat Ini Disebut Belum Hafal Medan

Sumber: istimewa

Sebuah kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Runcorn, sebelah Tenggara Liverpool, Inggris mengundang perhatian dari masyarakat luas. Kecelakaan tunggal yang menimpa sebuah bus tingkat ini terjadi ketika bus Stagecoach ini menghantam sebuah jembatan yang mengakibatkan bagian atas dari bus tingkat ini ‘terpotong’. Beruntung, tidak ada korban jiwa yang jatuh akibat insiden mengerikan ini.

Baca Juga: Werkudara, Bus Tingkat di Solo Besutan Karoseri Indonesia

Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman liverpoolecho.co.uk (25/9/2018), kejadian ini sendiri terjadi pada Selasa (25/9/2018) kemarin. Sebenarnya, bus itu tengah mengangkut dua penumpang wanita, namun keduanya duduk di dek bawah dan tiga orang yang berada di dalam bus ini – termasuk si pengemudi, dinyatakan selamat dan tidak mengalami luka.

Menurut penuturan salah satu pengemudi lain dari Stagecoach yang mendatangi lokasi kejadian, dirinya mengklaim bahwa si pengemudi yang mengendarai layanan Stagecoach X2 ini belum mengetahui medan – hanya berbekal peta dan print out arahan manual untuk mendampingi si pengemudi tersebut.

“Seharusnya dia (pengemudi) itu belok ke kanan, tapi malah belok ke kiri. Lalu terjadilah insiden ini,” ujar si pengemudi lain dari Stagecoach ini. “Ini benar-benar sebuah keberuntungan dengan tidak adanya orang di dek atas. Kalau bus itu tengah penuh, mungkin jalan ceritanya akan berbeda,” tandasnya.

Mengkonfirmasi insiden ini, salah satu juru bicara dari Stagecoach pun membenarkannya. “Kami ingin mengkonfirmasi bahwa benar adanya telah terjadi sebuah kecelakaan di Palacefields Busway, Runcorn, tepatnya di sebuah jembatan penyebrangan. Kejadian ini sendiri terjadi sekitar pukul 13.00 waktu setempat,” ujar si juru bicara dalam sebuah pernyataan resmi.

“Sebagai bentuk tanggung jawab, kami akan menurunkan tim untuk membantu penyelidikan pihak kepolisian, dan ada tim lainnya yang diturunkan untuk kepentingan penyelidikan internal perusahaan – karena keselamatan penumpang merupakan hal mutlak bagi kami,” tandasnya.

Baca Juga: Bus Tingkat di Indonesia, Transformasi dari Moda Angkutan dan Wisata

Kendati masih belum hafal dengan medan yang dilaluinya, pihak Stagecoach membela bahwa si pengemudi nahas ini merupakan salah satu pengemudi professional yang sudah bergabung dengan perusahaan tersebut sejak beberapa tahun yang lalu, “Dan tentunya mereka sudah lulu kualifikasi untuk mengemudikan layanan Stagecoach,”

Berkaca dari kasus ini, penguasaan medan merupakan satu hal penting yang tidak boleh dianak-tirikan oleh sebuah operator bus dalam membagi tugas kepada para pengemudinya. Selain akan lebih lihai dan telaten dalam mengoperasikannya, penguasaan medan juga sedikit banyaknya berperan terhadap keselamatan penumpang. Kembali lagi, bagaimana nasibnya jika dek atas bus Stagecoach X2 ini terisi?