Hang Nadim, Bandara dengan Landas Pacu Terpanjang di Indonesia

0

Panjang landas pacu (runway) di suatu bandara tentu akan berpengaruh langsung pada jenis pesawat yang akan didarati. Lain dari itu, panjang landas pacu juga berkaitan pada keselamatan penerbangan. Semakin panjang landas pacu, maka pilot akan lebih banyak pilihan untuk melaksanakan kontijensi plan bila terjadi suatu hal yang bersifat darurat saat tinggal landas maupun mendarat.

Sebagai informasi, konstruksi panjang landas pacu di suatu bandara pada dasarnya telah dihitung dengan matang. Faktor suhu, kecepatan dan arah angin, serta tekanan udara di sekitarnya ikut berpengaruh dalam pembangunan landas pacu. Semisal di daerah gurun dan di dataran tinggi, umumnya landas pacu yang digunakan lebih panjang daripada yang digunakan di bandara-bandara bahkan bandara internasional, karena tekanan udara yang lebih rendah. Sebagai contoh, landas pacu di kota Doha, Qatar memiliki ukuran panjang sampai lebih dari 5.000 meter.

Lantas bagaimana dengan di Indonesia, sepertinya di Tanah Air belum ada bandara dengan panjang landas pacu sampai 5.000 meter, namun dibawah ini kami sebutkan 10 bandara di Indonesia dengan landas pacu terpanjang.

1. Bandara Hang Nadim, Batam.
Bandara dengan runway terpanjang di indonesia dipegang oleh Bandara Internasional Hang Nadim di Batam Kepulauan Riau. Bandara ini dikelola oleh PT Angkasa Pura II dan memilik panjang runway 4.025 meter atau 4 Km. Dengan landasan pacu sepanjang 4.025 meter, Hang Nadim mengalahkan panjang runway bandara lain, termasuk panjang landas pacu di bandara Changi, Singapura (4.000 meter) atau Narita (4.000 meter) di Jepang.

2. Bandara Kuala Namu, Deli Serdang.
Bandara Internasional Kuala namu yang terletak di kota Deli Serdang, Sumatera Utara ini tergolong bandara baru. Bandara ini memiliki panjang runway 3.750 meter atau 3,75 km. Bandara ini dikelola oleh PT Angkasa Pura II.

3. Bandara Soekarno Hatta, Banten.
Bandara Internasional Soekarno Hatta tergolong sebagai bandara tersibuk di dunia dan memiliki panjang runway 3.660 meter atau 3,6 km. Bandara yang berada di kota tangerang ini meruapakan akses jantung ke Ibukota Jakarta. Bandara Soekarno Hatta dikelola oleh PT Angkasa Pura II.

4. Bandara Frans Kaisiepo, Pulau Biak.
Bandara yang berada di kota Biak, provinsi Papua ini memiliki panjang runway 3.571 m atau 3,5 km. Bandara ini merupakan bandara bekas peninggal Belanda dan sekarang dikelola oleh PT angkasa pura I.

5. Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar.
Bandara di Sulawesi Selatan ini memilik panjang runway 3.100 m atau 3,1 km. Bandara ini adalah kebanggan masyarakat makasar dan sekitarnya, Bandara ini dikelola oleh PT Angkasa Pura I.

6. Bandara Ngurah Rai, Denpasar.
Bandara di Pulau Dewata ini punya panjang runway 3.000 meter atau 3 km. Bandara Ngurah Rai dikelola oleh PT Angkasa Pura I.

7. Bandara Juanda, Surabaya.
Bandara ini terletak di Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo, lokasinya 20 km sebelah selatan kota Surabaya. Bandara ini termasuk bandara termegah di Indonesia dengan luas hampir 28 ribu m². bandara ini mempunyai panjang runway 3000 meter atau 3 km. Bandara ini dikelola PT Angkasa Pura I.

8. Bandara Polonia, Medan.
Bandara internasional Polonia memilik panjang runway 3000 meter atau 3 km, bandara ini tergolong bandara kecil tetapi memiliki runway yang tegolong panjang.

9. Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang.
Panjang runway di bandara internasional Sultan Mahmud Badarudin II sama dengan bandara Sultan Iskandar Muda dengan panjang 3000 meter atau 3 km. Bandara ini dikelola PT Angkasa Pura II.

10. Bandara Sultan Iskandar Muda, Banda Aceh.
Bandara ini mempunyai panjang runway 3.000 meter atau 3 km. Bandara ini terdapat di kota Banda Aceh, Propinsi Nanggroe Aceh Darusaalam. Bandara ini dikelola PT Angkasa Pura II.

Leave a Reply