Hanoi Punya Jalur Kereta Aktif yang Instagramable Bagi Pelancong

0
Jalur kereta hanoi menjadi spot foto (Gulf Times)

Jantung kota Old Quarter Hanoi yang sibuk, ternyata memiliki jalur kereta api yang dibangun oleh Perancis pada masa kolonial. Kini jalur kereta itu bahkan dijadikan salah satu spot foto terbaik untuk di pamerkan di Instagram. Dekat jalur kereta ini pun terdapat kedai dengan menyajikan kopi panas atau segelas bir dingin yang bisa dinikmati pelancong dan penikmat selfie.

Baca juga: Alishan Forest Railway, Kereta Gunung Tertinggi di Asia

Meski menjadi salah satu incaran spot foto untuk Instagram, jalur kereta ini cukup berbahaya. Pasalnya jalur kereta ini masih aktif beroperasi dan bila kereta datang, pengunjung harus mencari tempat untuk mengamankan diri mereka masing-masing.

Dilansir KabarPenumpang.com dari laman channelnewsasia.com (29/10/2018), tempat untuk para pengunjung pun tidaklah lebar, karena dari foto-foto terlihat jalur kereta api ini berada di dalam gang dengan kanan kirinya adalah perumahan warga, kedai kopi hingga butik pakaian. Meski begitu, para pengunjung ini sepertinya menikmati sensasi saat berfoto harus berlari untuk mengindari kereta.

“Itu luar biasa tapi menakutkan dalam arti yang sama, sedikit luar biasa karena begitu dekat dengan kereta,” ujar pelancong asal Australia Michelle Richards.

Jalur ini diketahui pertama kali dibangun oleh mantan penguasa kolonial Perancis yang menggunakan kereta api untuk mengangkut barang dan orang di seluruh Vietnam yang kemudian menjadi bagian dari Indocina, bersama dengan Laos dan Kamboja. Selama Perang Vietnam, bagian-bagian kereta api rusak parah akibat bom Amerika yang menghujani utara yang dikuasai komunis.

Kereta di Hanoi ini bagi pelancong dan masyarakat yang mencari moda transportasi murah adalah yang paling tepat. Apalagi beberapa tahun terakhir pelancong yang mengunjungi Hanoi menggunakan kesempatan mereka saat berfoto di spot ini. Tak hanya pelancong yang menikmati, para pebisnis rumahan dengan kedai dan beberapa toko lainnya menjadi peluang penghasilan tersendiri.

“Ini memiliki pesona yang benar-benar aneh. Anda mendapat bunga dari balkon yang turun, Anda punya bangunan yang sangat tua dan dekat satu sama lain. Anda melihat orang-orang di sini tinggal dekat dengan rel kereta api,” ujar pelancong asal Hong Kong Edward Tsim.

Baca juga: Empat Kuburan Kereta di Indonesia, Padukan Nilai Estetik Tanpa Kesampingkan Nuansa Mistik

Saat kereta melintas, semua orang mengosongkan lintasan dan menarik ponsel mereka untuk menangkap pemandangan.

“Rasanya seperti menunggu Natal … dan ketika tiba, wow, itu adalah sesuatu yang lain. Layak ditunggu,” kata pelancong Inggris, Paul Hardiman.

Leave a Reply