Hello Kitty ‘Ingatkan’ Penumpang Kereta Jepang untuk Tetap Jaga Jarak Sosial

0
Karakter Hello Kitty di Stasiun Jepang (mainichi.jp)

Ketika jarak sosial atau social distancing tengah dilakukan beberapa negara yang tidak melakukan penguncian atau lockdown. Jarak sosial ini digunakan juga untuk mencegah penularan virus corona atau Covid-19 dari orang ke orang lain. Bahkan beberapa moda transportasi umum seperti bus dan kereta sudah memberi tanda untuk jarak sosial agar penumpang satu dan lainnya tidak berdekatan.

Baca juga: Belajar Selama Empat Tahun, Pengemudi Taksi Jepang Fasih Berbahasa Inggris

Nah, bagaimana kalau untuk pencegahan penularan virus corona ini diingatkan oleh tokoh kartun yang ikonik? Sepertinya akan lebih menarik jika menggunakan tokoh kartun ikonik sebagai pengingat penumpang untuk menggunakan masker atau jarak sosial antar penumpang.

Seperti di Jepang, baru-baru ini Stasiun JR Kokura membantu para penumpang yang naik kereta dengan gambar karakter kucing ikonik Hello Kitty. Dilansir KabarPenumpang.com dari laman mainichi.jp (5/5/2020), gambar Hello Kitty dan beberapa temannya ditampilkan pada decal lantai bundar bersama dengan maskot kota yakni Teitan dan Black Teitan.

Dalam gambar di lantai tersebut masing-masing karakter dibuat berjarak dua meter untuk menunjukkan jarak sosial yang harus dilakukan penumpang. Pemilihan Hello Kitty dari Sanrio ini sendiri karena sering digunakan dalam inisiatif promosi pariwisata Kitakyushu, sementara orang-orang Teit menolak untuk perlindungan lingkungan.

Selain itu, kota ini juga memasang panel Hello Kitty di kantor pusat dan kantor lingkungan setempat yang menunjukkan dengan tepat jarak dua meter. Seorang pejabat yang bertanggung jawab mengatakan pihaknya berharap orang-orang akan melihat ilustrasi untuk mengonfirmasi seberapa jauh jarak antara mereka dengan dirinya ketika mereka benar-benar harus keluar dari rumah.

Baca juga: Shinkansen Hello Kitty Resmi Mengular, Penggemar dan Penumpang Riuh Ramai Berselfie Ria

Untuk diketahui, Hello Kitty sendiri sebelumnya digunakan oleh perusahaan kereta Jepang untuk mempromosikan Negeri Sakura ini. Hello Kitty tersebut gambarnya tertempel di kereta shinkansen, bahkan interiornya pun bertemakan kucing milik Sanrio tersebut.

Leave a Reply