Hindari Kebakaran, India Hentikan Pasokan Listrik ke Soket Pada Perjalanan Kereta Malam Hari

0
Kereta India tidak hadirkan pasokan listrik di kereta malam hari (guwahati.com)

Bagi pelancong yang akan bepergian ke India dan menggunakan kereta api saat menjelajahinya jangan lupa untuk men-charge (isi ulang) ponsel dan laptop sebelum bepergian malam hari. Pasalnya perkeretaapian India mengeluarkan aturan baru yang mana tidak mengizinkan penumpang untuk mengisi daya perangkat elektronik mereka dalam perjalanan malam hari.

Baca juga: Pertama Kalinya Jaringan Kereta India Berhenti Operasi Dalam 167 Tahun

Aturan ini mulai diberlakukan setelah insiden kebakaran terjadi di beberapa kereta. Dilansir KabarPenumpang.com dari livemint.com (30/3/2021), pejabat senior perkeretaapian India mengatakan, keputusan untuk menghentikan fasilitas pengisian daya perangkat elektronik di kereta malam hari adalah tindakan pencegahan kebakaran.

Ini juga karena para pejabat menemukan banyak insiden kebakaran kecil di kereta api rute panjang sebagai akibat dari pengisian daya perangkat elektronik yang berlebihan. Beberapa orang membiarkan ponselnya terisi daya pada malam hari. Setelah baterai terisi penuh, menjaga pengisi daya tetap terhubung menyebabkan pengisian berlebih.

Aturan baru tersebut diterapkan sejak 16 Maret kemarin dengan memutus pasokan listrik ke soket pengisian daya selama enam jam. Atau bisa dikatakan pemutusan pasokan listrik akan mulai dimatikan sejak pukul 23.00 hingga 05.00 pagi waktu setempat.

“Itu instruksi Dewan Kereta Api untuk semua jalur kereta. Kami sudah menerapkannya mulai 16 Maret,” kata CPRO Kereta Api Barat, Sumit Thakur.

Meski begitu, ternyata instruksi ini bukanlah hal yang baru, melainkan sudah ada sejak 2014 lalu, kata Southern Railways CPRO B Guganesan. Dia menyebutkan, instruksi tersebut merupakan pengulangan pesanan sebelumnya dari Dewan Kereta Api.

Untuk diketahui, instruksi tersebut dikeluarkan ketika Komisaris Keselamatan Kereta Api merekomendasikan bahwa soket pengisian daya di dalam kereta harus dimatikan pukul 23.00 hingga 05.00 pagi tepat setelah kebarakan terjadi di dalam Bangalore-Hazur Sahib Nanded Express. Instruksi ini dikeluarkan untuk semua divisi perkeretaapian di India.

Baca juga: Kecanduan Film Porno, Petugas Kebersihan Kereta India Simpan Spycam di Toilet

“Mengingat insiden kebakaran baru-baru ini, kami telah melakukan yang diperlukan. Ini adalah tindakan pencegahan dan bahkan sebelumnya Dewan Kereta Api telah mengeluarkan perintah seperti itu. Listrik dari switchboard utama untuk titik-titik ini akan dimatikan dari pukul 23.00 hingga 05.00 pagi,” kata Guganesan.

Leave a Reply