Hindari Kecurangan di Bagasi Kabin, Qantas Lakukan Audit Penumpang

Sumber: thenational.ae

Penumpang pesawat kerap kali malas atau menghindari barang bawaan mereka masuk ke dalam kargo. Hal ini kemudian membuat penumpang memasukkan barang mereka ke kabin dan melebihi kapasitas yang seharusnya. Baru-baru ini, Qantas mulai menekan pelancong yang mencoba melanggar aturan bagasi bawaan mereka.

Baca juga: Tak Mau Keluarkan Biaya Ekstra Karena Kelebihan Bagasi? Yuk Disimak Tipsnya!

Dilansir KabarPenumpang.com dari laman dailymail.co.uk (26/11/2018), bahwa Qantas saat ini membuat aturan dimana pelancong hanya bisa membawa dua tas ke dalam kabin pesawat dengan berat tujuh kilogram baik penerbangan domestik ataupun internasional. Namun, di era digital ini, pelancong banyak yang mengambil keuntungan dengan melakukan check in online dan menghindari konter agar barang tak di timbang.

Adanya tindakan curang ini, membuat Qantas membuat fokus baru pada bobot bawaan penumpang. Juru bicara Qantas mengatakan, mereka telah meningkatkan aturan batas barang bawaan penumpang sebagai bagian dari audit mereka selama beberapa bulan terakhir. Hal tersebut dimaksudkan agar penerbangan lebih adil bagi semua penumpang. Ini juga agar penerbangan dapat berangkat tepat waktu.

“Kami mendapat umpan balik dari selebaran reguler yang mengatakan bahwa semua pelanggan perlu diingatkan tentang berapa banyak bagasi yang dapat mereka bawa. Jadi kami memperbarui fokus kami untuk menjaga bagasi kabin di dalam tunjangan dan memastikan semua orang memiliki bagian ruang yang adil.’ Juga akan ada risiko keamanan yang lebih sedikit dari loker overhead yang berlebih,” ujar juru bicara Qantas.

Baca juga: Peluang Pendapatan Baru, LCC Mulai Kenakan Biaya Untuk Bagasi Kabin

Virgin Australia mengatakan mereka memperingatkan pelanggan tentang pentingnya membawa barang bawaan bawaan sebelum penerbangan mereka. Sementara itu Jetstar, telah memperkenalkan kebijakan baru tahun ini yang memungkinkan penumpang untuk membeli 3kg tambahan bagasi bawaan.

Fokus untuk menjaga penumpang bagasi di bawah batas berat datang ketika maskapai penerbangan Australia memangkas berat pesawat mereka karena tingginya biaya bahan bakar Qantas dan Virgin baru-baru ini mengganti rem baja pada armada mereka dari Boeing 737, menghemat sekitar 300 kg. Qantas juga telah memindahkan 440 kg lebih lanjut dari masing-masing pesawatnya dengan mengganti unit penyimpanan kargo tradisional dengan unit ringan yang terbuat dari material komposit.