Tuesday, March 5, 2024
HomeHot NewsHitachi Rail Luncurkan "Blues" di Italia - Kereta Bertenaga Hybrid, Bisa Pakai...

Hitachi Rail Luncurkan “Blues” di Italia – Kereta Bertenaga Hybrid, Bisa Pakai Listrik Pantograf, Baterai dan Diesel

Ada kabar terbaru seputar dunia teknologi perkeretaapian, dimana Hitachi Rail meluncurkan kereta tri-mode power untuk Trenitalia, operator kereta api Italia, di InnoTrans 2022. Hitachi Rail dan Trenitalia pada 21 September 2022 meluncurkan kereta hybrid tri-mode “Blues”, yaitu kereta yang dapat beralih dari adopsi tenaga baterai, listrik atau diesel, kereta canggih ini akan memasuki layanan penumpang di Italia pada akhir tahun ini.

Baca juga: Desiro ML Cityjet Eco, Kereta Bertenaga Baterai Elektro-Hybrid dari Siemens Mobility

Dikutip dari railwayage.com (22/9/2022), disebutkan Hitachi Rail akan memasok 135 unit kereta hybrid Blues Train tri-mode ke Trenitalia, dengan nilai kontrak mencapai US$1,8 miliar (€1,2 miliar). Hitachi mengatakan, kereta yang berasal dari platform Masaccio memiliki kemampuan untuk beroperasi dengan mulus di jalur listrik dan non-listrik.

Pada rute yang dialiri listrik, kereta ini menggunakan pantograf untuk menarik daya dari saluran udara. Namun, ketika pindah ke jalur non-listrik, biasanya rute regional yang lebih kecil, kombinasi baterai dan tenaga diesel mengambil alih. Saat berada di dekat stasiun, baterai memberi daya kereta sepenuhnya, menghilangkan emisi termasuk NOx yang berbahaya dan mengurangi polusi suara.

Baterai pada kereta ini dapat diisi ulang saat kereta beroperasi, baik dalam mode diesel maupun listrik.” Pabrikan mencatat bahwa kereta, yang dapat beroperasi di seluruh Eropa, dijadwalkan untuk mengurangi emisi karbon dan konsumsi bahan bakar hingga 50 persen.

Diproduksi di pabrik Hitachi Rail di Pistoia dan Naples, Italia, kereta empat gerbong baru ini dapat mencapai kecepatan maksimum sekitar 160 km per jam) dan menampung hingga 300 penumpang yang duduk. Hitachi mencatat bahwa daya ekstra yang ditawarkan oleh baterai on-board memberikan kinerja akselerasi yang lebih baik dibandingkan dengan kereta diesel yang ada. Selain itu, Kereta Blues dilengkapi dengan persinyalan digital European Rail Traffic Management System (ERTMS), standar rel Eropa.

Baca juga: Operator Kereta India Manfaatkan Energi Surya dan Angin, Hemat Biaya Operasioal Secara Signifikan

Menurut Hitachi, armada ini memiliki kapasitas yang lebih besar untuk bagasi dan sepeda, AC, lebih banyak USB dan soket daya untuk konektivitas, dan area khusus untuk anak-anak. Kereta ini dirancang untuk menyertakan akses pintu tingkat platform untuk meningkatkan aksesibilitas serta layar informasi penumpang ukuran 24 inci dan teknologi penghitungan penumpang.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru