Hokkaido Shinkansen, Bisa Tetap Kebut Walau di Bawah Laut

Sumber: Wikipedia

Kurang lengkap rasanya jika Anda mengunjungi Jepang tapi tidak menjajal kereta berkecepatan tinggi di sana, Shinkansen. Ya, ular besi ini mampu menembus kecepatan di atas rata-rata ini – lebih dari 200km/jam memang dianggap sebagai salah satu tanda perkembangan kereta api paling mutakhir di jaman milenial seperti saat ini. Kereta ini sendiri punya banyak varian yang tersebar di hampir seluruh Negeri Sakura, salah satunya yang paling terkenal adalah Hokkaido Shinkansen.

Baca Juga: Seikan, Terowongan Kereta Terpanjang dan Terdalam di Dunia

Sesuai dengan namanya, kereta ini menghubungkan Prefektur Aomori di Honshu dan Hokkaido yang terbentang jarak sejauh 148,9km. Mulai mengular sejak 26 Maret 2016 silam, layanan Hokkaido Shinkansen dioperatori oleh Hokkaido Railway Company atau yang biasa disingkat JR Hokkaido. Dihimpun KabarPenumpang.com dari sejumlah laman sumber, jaringan Hokkaido Shinkansen ini sendiri mulai dibangun pada Mei 2005. Wah, itu berarti pembangunannya hampir memakan waktu 11 tahun, ya!

Nah, ada hal unik lain dari layanan ini, yaitu Hokkaido Shinkansen melintasi terowongan kereta terpanjang dan terdalam di dunia, Seikan Tunnel. Seperti yang sudah pernah dibahas sebelumnya, Seikan Tunnel ini menghubungkan pulau Honshu dan Hokkaido – terowongan bawah laut. Diketahui, layanan Hokkaido Shinkansen menggunakan dua jenis kereta, yaitu H5 series dan E5 series.

Kedua varian kereta tersebut sama-sama memiliki 10 gerbong, dimana satu rangkaiannya dibanderol dengan harga 18 miliar Yen atau yang setara dengan Rp2,4 triliun! Harga yang sangat tinggi tersebut bisa dibilang setara dengan sejumlah keunggulan yang ditawarkan – mulai dari keamanan, kecepatan, hingga kenyamanan para penumpang yang menggunakan layanan tersebut.

Baca Juga: Di Shinkansen, Toleransi Antar Penumpang Kereta Begitu Kuat

Ngomong-ngomong soal kecepatan, Hokkaido Shinkansen berlari hingga kecepatan maksimum 260km/jam dan akan menurunkan kecepatannya ke angka 140 km per jam ketika melintasi Seikan Tunnel. Jika berandai-andai, dengan kecepatan tinggi tersebut, Hokkaido Shinkansen hanya membutuhkan waktu kurang dari satu jam untuk menghubungkan Jakarta – Bandung yang selama ini ditempuh dalam waktu 3 jam 15 menit menggunakan kereta yang digunakan oleh PT KAI.

Rencananya, jaringan Hokkaido Shinkansen akan diperpanjang menuju Sapporo pada Maret 2031 mendatang.