Honeywell Kembangkan Mesin Pesawat Listrik-Hybrid

0
Ilustrasi mesin turbogenerator Honeywell pada Airbus A350-1000. Sumber: youtube

Perjalanan udara disinyalir menyumbang antara 2-3 persen dari emisi karbon dunia. Karenanya, berbagai perusahaan berlomba untuk mengembangkan teknologi ramah lingkungan atau rendah karbon. Salah satunya ialah Honeywell Aerospace.

Baca juga: Inilah Dornier D328eco, Pesawat Hybrid-Listrik Deutsche Aircraft Berteknologi Pilot Tunggal

Dilansir Simple Flying, melalui program Honeywell Green Jet Fuel, perusahaan yang bermarkas di Phoenix, Amerika Serikat (AS), itu berencana mengembangkan mesin pesawat listrik-hybrid. Mesin ini nantinya akan memusatkan sistem baru yang inovatif di sekitar generator turbo kecil tapi kuat dengan bahan bakar biofuel.

Meskipun mesin didesain akan lebih kecil dari yang sudah ada, namun, kekuatannya bisa mencapai dua kali lipat. Selain itu, Honeywell juga akan menggabungkan turbogenerator dengan unit daya tambahan (APU) HGT1700 untuk membentuk sistem sumber daya penuh, sebuah terobosan brilian mengingat mesin dan APU merupakan dua hal berbeda namun akan lebih sempurna bila digabungkan.

Kendati dibuat khusus untuk pesawat listrik-hybrid, tetapi, desainnya yang jauh lebih kecil dari mesin pada umumnya juga memungkinkan mesin tersebut digunakan di kendaraan nirawak, seperti mobil atau taksi terbang, taksi drone, pesawat komuter, dan lain sebagainya.

“Ada kebutuhan inheren untuk tenaga listrik dan hibrida-listrik karena segmen mobilitas udara perkotaan mulai terbentuk dan kendaraan udara nirawak (UAV) mulai beroperasi. Turbogenerator kami menyediakan paket yang aman dan ringan untuk melayani segmen yang sedang berkembang ini, dan kami merancang solusi kami untuk memenuhi kebutuhan unik pelanggan yang mengembangkan kendaraan udara di masa depan,” kata Stephane Fymat, juru bicara Honeywell Aerospace.

Bil tak ada aral melintang, penerbangan demonstrasi menggunakan mesin turbogenerator akan dimulai pada kuartal III 2021 atau sekitar bulan Juli-September.

Selain mengembangkan mesin untuk pesawat listrik-hybrid, Honeywell diketahui juga tengah mengembangkan mesin turbofan generasi terbaru bersama Lembaga Penerbangan dan Antarikasa Nasional Amerika Serikat (NASA).

Baca juga: Prototipe Kedua Pesawat Listrik-Hybrid Terbesar di Dunia Ampaire Electric EEL Sukses Mengudara

Mesin ini disebut dapat mencapai tingkat ekstraksi daya hingga empat kali lipat dari tingkat ekstraksi daya mesin pesawat tercanggih saat ini. Tak hanya itu, pada saat yang sama, mesin itu juga membakar bahan bakar hingga 10 persen lebih sedikit atau 10 persen lebih hemat.

Bersama Honeywell, NASA fokus untuk “melakukan pengembangan dan pengujian teknologi pada turbin bertekanan rendah yang canggih”. Data yang dikumpulkan akan digunakan untuk “menetapkan dasar ekstraksi daya turbofan sambil juga mengembangkan alat prediksi komputasi.”

Leave a Reply