Hujan dan Banjir Nekat Liburan? Cek Tipsnya

0
Foto: Tribunnews.com

Tahun baru 2020 diawali dengan intensitas curah hujan yang cukup lebat. Bahkan beberapa daerah di Jabodetabek sudah di tutupi oleh genang air yang tinggi alias banjir. Namun apakah ini akan menyurutkan niat masyarakat untuk berlibur ataupun bekerja?

Baca juga: Liburan Telah Usai, Waspadai Post Holiday Syndrome!

Sepertinya tidak, sebab warga Jabodetabek yang sudah mengalami banjir tak hanya sekali ini saja. Bahkan mereka menikmati banjir yang terjadi.

Meski begitu, warga yang bepergian baik bekerja atau berwisata harus sudah menyiapkan berbagai hal sebelum hujan menghambat perjalanan. KabarPenumpangcom merangkum dari berbagai laman sumber, ada beberapa tips yang bisa dipersiapkan ketika hujan dan banjir tiba saat bepergian.

#1 Payung, jas hujan dan sepatu bot
Tiga hal ini bisa dipersiapkan oleh Anda untuk melindungi tubuh dari air hujan. Selain itu barang-barang elektronik seperti ponsel dan laptop pun bisa lebih aman saat tertutup jas hujan atau payung. Sedangkan sepatu bot bisa digunakan para pengendara roda dua untuk menghalau kaki terkena air ketika menerobos banjir. Satu hal lagi, baiknya gunakan tas waterproof atau anti basah. Sebab tas ini juga membantu mengamankan barang bawaan.

#2 Cek perkembangan cuaca
Hujan yang terus menerus bisa menyebabkan banjir. Sehingga pelancong yang bepergian baiknya rajin mengecek perkembangan cuaca dan situasi tempat yang akan dikunjungi. Pasalnya hal ini bisa membantu Anda untuk mengatasi segala kemungkinan yang terjadi.

#3 Gunakan transportasi
Ketika banjir dan ingin bepergian, baiknya hindari menggunakan sepeda motor. Selain berisiko macet, motor juga bisa saja mati karena air yang masuk ke karburator atau knalpot. Kendaraan yang memungkinkan adalah bus, kereta atau kendaraan roda empat. Dengan pilihan transportasi ini, Anda bisa lebih nyaman ketika bepergian.

#4 Kabar pada keluarga
Saat banjir dan harus pergi keluar rumah, baiknya memberi kabar pada keluarga. Hal ini penting karena bila Anda tertahan di satu tempat karena hujan dan banjir mereka tidak terlalu khawatir. Apalagi dengan mengabarkan kondisi Anda mungkin saja ada bantuan yang bisa dilakukan untuk menjemput.

#5 Pilih destinasi yang sesuai
Karena hujan dan banjir, baiknya pilih tempat liburan dalam ruangan bukan yang diluar. Seperti museum, mall atau berbagai tempat lainnya yang didalam ruangan. Meski tidak semenarik di luar, setidaknya bisa mengurangi basah dan liburan pun tetap berasa serta bisa dinikmati.

Baca juga: Jangan Sembarangan Gunakan WiFi Gratisan, Berikut Tips Keamanan Data dari FBI

Nah, jadi Anda memilih berlibur atau tetap di rumah kala hujan dan banjir menghadang?

Leave a Reply