Hybrid Electric Road Train, Transportasi Alternatif Ramah Lingkungan dari Provinsi Isabela

0
Hybrid Electric Road Train (PNA file photo by Joseph Razon)

Hybrid Electric Road Train (HERT) akan segera hadir di kota Ilagan Provinsi Isabela di Filipina. Nantinya HERT akan dikembangkan oleh Departemen Sains Teknologi (DOST) dan ini akan digunakan sebagai transportasi alternatif.

Baca juga: Cina Luncurkan ART, Kereta Otonom Tanpa Rel Untuk Kota Kecil

KabarPenumpang.com melansir dari pna.gov.ph (11/8/2021), dalam penandatanganan nota kesepahaman (MOU) virtual, sekretaris DOST Fortunato de la Peña mengatakan, bahwa Walikota Ilagan yakni Jose Diaz menyatakan minat untuk mengadaptasi HERT. Yang mana ini akan menjadi transportasi alternatif untuk garis depan, kegiatan sosialisasi dan lainnya. Selain itu, Ilaga sendiri memiliki tujuan untuk meningkatkan keterampilan para pelajar melalui fabrikasi HERT.

Penumpang mencoba Hybrid Electric Road Train

“Melalui HERT, DOST berharap dapat melayani kepentingan terbaik masyarakat di Kota Ilagan, khususnya kebutuhan akan sarana transportasi massal yang ramah lingkungan. Dapat menjadi pelengkap sistem transportasi umum yang ada di Ilagan.  Pada masa pandemi ini, HERT bisa digunakan oleh para garda terdepan, terutama saat lockdown, saat angkutan umum terbatas,” ujar De la Peña.

De la Peña mengatakan sebuah konsorsium di Isabela akan melakukan fabrikasi. Sehingga HERT akan membantu provinsi Isabela tumbuh secara ekonomi dan juga pembuatannya akan membantu industri manufaktur. Selain itu juga bisa membuka lapangan kerja bagi para engineer dan manufaktur.

HERT sejatinya adalah bus gandeng yang punya panjang 40 meter dan memiliki lima gerbong yang saling terkait dengan penumpang yang bisa diangkut sekitar 220 orang per rangkaian.

“Dinamakan ‘hybrid’ karena selain berbahan bakar solar, HERT juga menggunakan baterai listrik, sehingga emisi karbon yang dihasilkan lebih rendah dibandingkan kendaraan yang murni berbahan bakar bensin atau solar,” ujar De la Peña..

Dia menambahkan bahwa HERT dapat membantu Ilagan Kota menjadi kota yang lebih hijau dan sangat layak huni. Sementara itu, yang juga merupakan bagian dari penandatanganan MOU adalah Isabela State University (ISU) yang akan melakukan penelitian dan kegiatan yang akan bermanfaat bagi HERT.

Baca juga: AS Ikuti Cina Gunakan Teknologi Rel Virtual dalam Autonomous Rail Transit

MIRDC akan memberikan informasi teknis kepada perakit, tunduk pada penandatanganan perjanjian kerahasiaan. Di sisi lain, DOST-Wilayah II akan menugaskan untuk studi kelayakan jaringan HERT yang layak (stasiun kereta api, penyediaan ruang jalan), sistem tarif, arus penumpang transportasi. Pemerintah Ilagan akan mengidentifikasi rute yang memungkinkan, dan menangani kemungkinan kebutuhan infrastruktur seperti pelebaran jalan.