Tuesday, July 16, 2024
HomeHot NewsHyundai Rotem Pamerkan Trem Next Generation Bertenaga Hidrogen di Busan

Hyundai Rotem Pamerkan Trem Next Generation Bertenaga Hidrogen di Busan

Produsen kereta api dari Korea Selatan, Hyundai Rotem tengah mengerjakan trem generasi berikutnya (next generation) dengan bahan bakar hidrogen. Hal tersebut diungkapkan Hyundai Rotem kepada publik untuk pertama kalinya dalam pameran RailLog Korea 2023 di Busan.

Baca juga: Railbus Batara Kresna, Wahana Unik yang Melaju di Rel Bekas Trem

Trem Next Generation telah dikembangkan sejak tahun 2021, sebagai bagian dari proyek yang didukung oleh Kementerian Perdagangan, Industri, dan Energi Korea Selatan; serta Institut Korea untuk Kemajuan Teknologi, Institut Penelitian Kereta Api Korea, Pusat Penelitian Otomotif Korea, dan Taman Ulsan Tecno.

Hyundai Rotem berkata: “Infrastruktur hidrogen yang lebih luas dan teknologi produksi hidrogen harus disiapkan untuk membangun masyarakat hidrogen dengan memanfaatkan variasi kereta hidrogen yang lebih luas dimulai dengan trem sel bahan bakar hidrogen. Untuk mencapai visi ini, Hyundai Rotem sedang mengembangkan kereta dengan mesin hidrogen cair untuk menerapkan energi hidrogen di seluruh industri kereta api sambil membangun infrastruktur hidrogen.”

Trem ini menggunakan sel bahan bakar hidrogen untuk menghasilkan listrik di dalam trem itu sendiri yang langsung digunakan untuk menggerakkan trem dan juga disimpan dalam baterai yang dapat memberikan tenaga ekstra saat trem membutuhkannya.

Teknologi hidrogen juga memurnikan udara sekitar saat bergerak dengan mengumpulkan oksigen yang dibutuhkannya untuk reaksi sel bahan bakar dari udara melalui sistem filtrasi dan hanya mengeluarkan udara bersih.

Menurut Hyundai, Trem Next Generation ini mampu menempuh jarak 150 km dengan sekali pengisian daya dan menghasilkan 107,6 kg udara bersih dan memurnikan 800 mikrogram debu halus untuk setiap jam pengoperasian.

Baca juga: Hyundai Rotem Luncurkan EMU-320, Kereta Berkecepatan Tinggi Tercepat di Korea Selatan

Selain mengembangkan trem hidrogen, Hyundai Rotem telah mempersiapkan peluncurannya dengan membangun stasiun pengisian bahan bakar hidrogen dan Hynet Hydrogen Shipping Center, yang akan memproduksi hidrogen dengan mengekstraksi unsur tersebut dari gas alam. Pembangunan trem diharapkan selesai pada akhir 2023.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru