Thursday, June 13, 2024
HomeHot NewsHyundai Rotem Luncurkan EMU-320, Kereta Berkecepatan Tinggi Tercepat di Korea Selatan

Hyundai Rotem Luncurkan EMU-320, Kereta Berkecepatan Tinggi Tercepat di Korea Selatan

Hyundai Rotem, manufaktur rolling stock asal Korea Selatan, pada 27 September lalu meluncurkan kereta berkecepatan tinggi tercepat di Korea Selatan EMU-320 yang mampu melesat dengan kecepatan maksimum 320 km per jam.

Baca juga: Mulai 2029, Korea Selatan Hapuskan Operasional Semua Kereta Diesel 

Pihak Hyundai Rotem mengatakan bahwa setelah uji coba, kereta baru akan dioperasikan di jalur berkecepatan tinggi Gyeongbu dan Honam di samping jenis KTX-1 dan KTX-Sancheon saat ini. Hyundai Rotem menambahkan bahwa sistem traksi terdistribusi kereta baru membuatnya unggul dari kereta api lainnya dalam hal kinerja akselerasi dan deselerasi serta kapasitas penumpang.

Sistem tenaga terdistribusi sudah digunakan pada KTX-Ieum buatan Hyundai Rotem, atau EMU berkecepatan tinggi kelas Korail 150000 yang digunakan di jalur Jungang, Gangneung, Yeongdong dan Jungbu Naeryuk.

“Di lingkungan kereta api domestik, dengan banyak bagian melengkung dan jarak pendek antar stasiun, sistem tenaga terdistribusi lebih efisien,” kata Hyundai Rotem, yang menambahkan bahwa sistem ini juga disukai oleh operator berkecepatan tinggi lainnya di seluruh dunia.

Baca juga: Ini Jalur Metro dan Kereta Bawah Tanah Terpanjang di Dunia, Korea Selatan Diurutan Pertama

Dikutip dari railjournal.com (3/10/2022), pada upacara pembukaan diumumkan bahwa gelombang pertama kereta EMU-320 telah dikirim ke operator kereta Korea Korail, dan pengiriman gelombang kedua diharapkan pada bulan November mendatang.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru