Ini Jalur Metro dan Kereta Bawah Tanah Terpanjang di Dunia, Korea Selatan Diurutan Pertama

0
jaringan kereta bawah tanah Seoul (citymetric.com)

Kemajuan pesat di seluruh dunia kini membuat pembangunan sistem metro dan kereta bawah tanah baru atau pun perluasan jalur yang sudah ada. Ada beberapa jalur kereta api bawah tanah atau pun metro yang terpanjang di dunia. Dirangkum KabarPenumpang.com dari railway-technology.com berikut ini ada beberapa jalur metro dan kereta bawah tanah terpanjang di dunia.

Baca juga: Oktober 2020, Kereta Bawah Tanah Tercepat di Dunia Mengular di Guangzhou

Kereta Bawah Tanah Seoul, Korea Selatan
Kereta bawah tanah Seoul yang melayani Wilayah Metropolitan Seoul adalah sistem kereta bawah tanah terpanjang di dunia. Panjang rutenya sejauh 940 km pada tahun 2013.

Metro Shanghai, Cina
Jaringan Shanghai Metro sepanjang 468 km menjadikannya yang terpanjang kedua di dunia. Ini adalah sistem transit cepat ketiga di Tiongkok Daratan, setelah Beijing dan Tianjin. Shanghai Shentong Metro mengoperasikan jaringan melalui empat subdivisinya. Jalur pertama Shanghai Metro dibuka pada tahun 1993. Jaringan metro rencananya akan diperluas hingga sepanjang 877 km dengan 22 jalur.

Kereta Bawah Tanah Beijing, Cina
Beijing Subway, sistem metro tertua di Cina menempati peringkat sistem kereta bawah tanah terpanjang ketiga di dunia dengan total panjang 456 km. Sistem kereta bawah tanah telah beroperasi sejak 1969 dan dimiliki oleh kota Beijing. Enam jalur kereta bawah tanah baru diharapkan dapat beroperasi pada sistem tersebut pada tahun 2016 dan total panjang rute jaringan diharapkan melebihi 1.000 km pada tahun 2020.

London Underground, Inggris Raya
London Underground, umumnya dikenal sebagai Tube, dengan total panjang rute 402 km adalah sistem kereta bawah tanah terpanjang keempat di dunia. Ini juga merupakan sistem metro tertua di dunia dan telah beroperasi sejak 1863.

Kereta Bawah Tanah New York, Amerika Serikat
Kereta bawah tanah New York saat ini merupakan sistem kereta bawah tanah terpanjang kelima di dunia, dengan total panjang rute 368 km. Sistem angkutan cepat, melayani Kota New York, mulai beroperasi pada tahun 1904. Dimiliki oleh Kota New York dan dioperasikan oleh Otoritas Transit Kota New York, anak perusahaan dari Otoritas Transportasi Metropolitan.

Metro Moskow, Rusia
Metro Moskow sepanjang 317,5 km adalah sistem kereta bawah tanah terpanjang keenam di dunia. Itu sebagian besar di bawah tanah, dan melayani kota Moskow dan kota-kota tetangga Krasnogorsk dan Reutov. Perusahaan milik negara Moskovsky Metropoliten memiliki dan mengoperasikan sistem metro. Lermontovsky Prospekt dan Zhulebino adalah dua stasiun terbaru yang diresmikan pada November 2013 sebagai bagian dari perluasan jalur Tagansko-Krasnopresnenskaya. Itu sedang menjalani program perluasan besar-besaran untuk menambah 150 km jalur ke jaringan pada tahun 2020.

Tokyo Subway, Jepang
Sistem kereta bawah tanah Tokyo menempati urutan ketujuh di antara sistem kereta bawah tanah terpanjang di dunia. Total panjang rute sistem kereta bawah tanah pada tahun 2013 adalah 310 km. Kereta bawah tanah Tokyo adalah sistem kereta bawah tanah tersibuk di dunia. Sejak pembukaan jalur pertama pada tahun 1927, sistem transit cepat Tokyo telah diperluas untuk melayani kota besar.

Metro Madrid, Spanyol
Sistem Metro Madrid yang melayani Madrid, ibu kota Spanyol, saat ini menjadi sistem metro terpanjang kedelapan di dunia. Metro Madrid berjalan sepanjang 293 km. Baris pertama sistem mulai beroperasi pada tahun 1919. Metro de Madrid, di bawah administrasi komunitas otonom Madrid, adalah operator jaringan.

Metro Guangzhou, Cina
Sistem Metro Guangzhou yang melayani kota Guangzhou di Provinsi Guangdong Cina saat ini merupakan sistem kereta bawah tanah terpanjang kesembilan di dunia. Sistem metro telah beroperasi sejak 1997 dan saat ini berukuran panjang 232 km. Jaringan metro terus diperluas dengan pembangunan jalur baru dan perluasan jalur yang sudah ada. Panjang rute sistem diperkirakan akan melebihi 600 km pada tahun 2020.

Baca juga: Seperti Trem Menghantam Trotoar, Ini Dia Pintu Masuk Stasiun Kereta Bawah Tanah Bockenheimer Warte

Metro Paris, Perancis
Metro Paris yang melayani ibu kota Perancis, Paris dan Wilayah Metropolitan Paris adalah sistem metro terpanjang kesepuluh di dunia dengan total panjang rute 218 km. Paris Metro adalah salah satu sistem transit perkotaan tertua di dunia dan jalur pertama metro dibuka pada tahun 1900.

Leave a Reply