Incar Efisiensi Daya Angkut dan Ramah Lingkungan, Los Angeles Adopsi Bus Tingkat Bertenaga Listrik

Sumber: Foothill Transit

Jika selama ini elektrifikasi terjadi pada hampir semua lini sarana tranportasi, maka kini giliran double-decker yang mulai membombardir pasar. Tentu Anda masih ingat dengan Transport for London (TfL) yang menjadi pelopor operator layanan bus tingkat bertenaga listrik pertama di dunia pada April 2016, kini giliran salah satu operator layanan bus transit asal Los Angeles, Amerika Serikat yang mengoperasikan bus tingkat nan ramah lingkungan ini.

Baca Juga: Dari London, Telah Meluncur Bus Tingkat Bertenaga Listrik Pertama di Dunia

Dihimpun KabarPenumpang.com dari sejumlah laman sumber, adalah Foothill Transit yang pada Kamis (12/7/2018) kemarin melakukan pembelian armada perdana bus tingkat betenaga listrik pertama di daerah Utara Amerika. Bus tingkat ini sendiri tergolong istimewa, karena menggunakan baterai dari desainer bus listrik terkemuka, Proterra. Sedangkan untuk carriage-nya berasal dari Alexander Dennis, perusahaan yang juga menyuplai bus tingkat di London, Hong Kong, Auckland, Singapura, Toronto, Ottawa, Seattle, dan Mexico City.

Salah satu alasan yang paling menonjol untuk melakukan elektrifikasi pada bus tentu adalah soal polusi udara. Karena pada dasarnya, rute operasi dari bus sudah jelas dan kebanyakan mereka melaju dengan kecepatan yang rendah. Ketika sudah begitu, maka polusi yang ditimbulkan pun akan lebih besar. Maka tidak heran jika kalangan moda darat berukuran besar seperti bus diproyeksikan untuk dielektrifikasi.

Tidak hanya dari carriage-nya saja yang sudah mendunia, tapi nama Proterra sendiri bisa dibilang sudah cukup melanglang-buana di sektor transportasi. Dengan pengalaman bertahun dalam mengembangkan baterai, nama perusahaan yang berbasis di California, Amerika ini semakin melesat manakala mereka berhasil memecahkan rekor perjalanan sejauh 1.101mil (1.772km) dalam sekali charge.

Kendati nantinya bus tingkat bertenaga listrik yang akan digunakan oleh Foothill Transit tidak akan menggunakan Baterai E2 – sang baterai pemecah rekor berkapasitas 660kWh – namun Foothill Transit akan menggunakan bus dengan konsep baterai yang sama dengan E2 (160watt-jam per kilogram).

Selain digadang lebih ramah lingkungan, bus tingkat bertenaga listrik ini juga terbukti lebih efisien dalam mengangkut penumpang dalam sekali jalan ketimbang bus konvensional lainnya. Pihak Alexander Dennis sendiri mengatakan bahwa bus yang diproyeksikan untuk rute perjalanan yang relatif panjang (dari Claremont, California, menuju pusat kota Los Angeles), akan dilengkapi dengan Wi-Fi untuk para komuter yang berada di Business Class.

Executive Director dari Foothill Transit, Doran Barnes mengatakan bahwa agensi tersebut telah melakukan kerja sama dengan pihak Alexander Dennis sejak tahun lalu. Karena kondisinya yang sudah semakin semerawut sekarang, maka Foothill berencana untuk menyediakan moda transportasi yang mampu menampung banyak penumpang, namun tetap ramah lingkungan.

Baca Juga: Agar Tak Bikin Kecewa Penumpang, Bus Tingkat di London Hadirkan Monitor Sisa Kursi di Dek Atas

“Kemacetan sudah meningkat di sekitaran Calofornia Selatan, jadi kami tengah mengupayakan untuk menghadirkan armada yang efisien dalam mengangkut penumpang namun tetap tidak pula menomorduakan kenyamanan para penumpangnya. Bus tingkat bertenaga listrik ini merupakan jawaban yang solutif untuk masalah di atas dan kami sangat bersemangat untuk segera memperkenalkannya di tahun 2019 mendatang.” Tutur Doran Barnes.