India Bikin Jembatan Kereta Api Tertinggi (Lagi), Tapi Bukan Tertinggi di Dunia

Ilustrasi jembatan di Manipur (The Financial Express)

Setelah Chenab, India kembali membuat jembatan kereta api tertinggi dan digadang-gadang akan selesai pada 2020 di Manipur. Jalur kereta tersebut nantinya akan melayani Jiribam menuju Imphal di Manipur. Pembangunan ini sendiri diumumkan oleh Chief Engineer proyek Sai Baba Ankala.

Baca juga: Chenab, Jadi Kondang Karena Ada Jembatan Kereta Tertinggi di Dunia

KabarPenumpang.com melansir dari laman thehansindia.com (25/9/2018), Ankala mengatakan, bahwa proyek tersebut didapatkan pada tahun 2008 lalu. Dimana proyek ini kemudian dinyatakan sebagai Proyek Nasional dengan biaya Rs13.809 crore atau sekitar Rp2,8 miliar.

Ankala juga menginformasikan bahwa tiga IIT yakni Kanpur, Roorkee dan Guwahati juga ikut terlibat dalam proyek Kereta Api India yang ambisius tersebut dengan mendukung teknis dan pemeriksaan bukti desain untuk membuat jembatan tersebut. Dia menejelaskan bahwa penyelarasan jalur kereta api Jiribam-Imphal sepanjang 111 km akan melewati perbukitan yang curam di wilayah Patkai.

Jalur ini juga akan melintasi sejumlah ngarai dalam dan beberapa sungai yang mengalir di dataran rendah. Karena pembangunan jembatan kereta ambisius ini mau tidak mau juga harus dibangun 52 terowongan dan 149 jembatan serta melintasi sepuluh stasiun untuk mempertahankan gradien yang cocok untuk layanan kereta api dengan operasi efisien.

Ankala menyoroti sebagai bagian dari proyek tersebut, mereka akan membangun jembatan khusus dengan pilar dengan ketinggian 141 meter dan menjadi yang tertinggi di dunia dari sudut pandang ketinggian pilar. “Jembatan ini juga terletak di zona seismik-v dan dalam pandangan ini kami mengambil semua tindakan pencegahan terutama spektrum desain khusus lokasi telah dikembangkan untuk memastikan stabilitas jembatan jangka panjang.”

Dia mengatakan jalur kereta api dan jembatan sedang dibangun meskipun beberapa ancaman dari militan yang beroperasi di daerah tersebut. Pengawasan jembatan melalui CCTV, kamera drone dan pemantauan jarak jauh oleh beberapa sensor juga dipertimbangkan untuk menjamin keamanan, tambahnya.

Baca juga: Cisomang, Serba-Serbi Jembatan Kereta Tertinggi di Indonesia

Ankala menyebutkan bahwa pemerintah India memperlakukan proyek ini secara strategis untuk memperkuat perdagangan dengan negara-negara ASEAN dan membantu operasi militer dan pengembangan pariwisata. Dia menyarankan para siswa bahwa teknik jembatan adalah subjek yang menantang jika benar-benar memahami aspek terkait. Dia juga mengundang mahasiswa teknik sipil untuk mengambil bagian proyek yang sedang berlangsung untuk laporan proyek mereka.

Untuk diketahui, jembatan yang akan ada di Manipur ini bukanlah yang tertinggi di dunia, melainkan jembatan Chenab yang juga berada di India dengan menghubungkan wilayah Jammu dan Kashmir. Jembatan Chenab sendiri memiliki ketinggian 359 meter ini, di klaim lebih tinggi 25 meter dibanding menara Eiffel di Paris, Perancis.