India Mulai Buka Penerbangan Domestik, Penumpang Disarankan Tidak Gunakan Toilet Selama di Pesawat

0
(hindustantimes.com)

Setelah masa lockdown, berbagai negara mulai kembali menerbangkan pesawat mereka baik untuk bisnis atau repatriasi. Meski begitu terbang saat pandemi ini tak sama seperti dulu yang mana penumpang bebas duduk di kursi pilihan mereka atau bisa berbicara bebas dengan penumpang sebelah.

Baca juga: Pasca Covid-19, Proses Perjalanan Udara Butuh Empat Jam Sebelum Terbang!

India menjadi salah satu negara yang akan membuka penerbangan domestik mereka mulai minggu depan. Kementerian penerbangan sipil mengatakan bahwa hanya sepertiga dari operasi akan diizinkan dengan SOP baru untuk mereka yang bepergian.

KabarPenumpang.com melansir dari laman hindustantimes.com (21/5/2020), Kementerian Penerbangan menyarankan bagi wanita hamil dan penumpang dalam kondisi sakit baiknya tidak bepergian. Bahkan dalam penerbangan penumpang hanya akan diperbolehkan membawa satu tas kabin.

Selain itu ada aturan lainnya yang diberlakukan oleh India yakni, hanya penumpang yang dikonfirmasi dengan check in melalui website yang diizinkan memasuki bandara. Penumpang akan diminta serta diwajibkan menggunakan masker.

Penumpang membawa satu tas dan status aplikasi deklarasi diri atau Aarogya Setu juga akan diperoleh bahwa penumpang bebas dari gejala Covid-19. Penumpang dengan status merah di aplikasi Aarogya Setu tidak akan diizinkan bepergian dengan pesawat.

Awak kabin juga akan menggunakan setelan pelindung yang dilengkapi masker, kacamata dan sarung tangan. Masa pandemi ini juga maskapai tidak akan menyediakan layanan makanan di dalam pesawat. Selain itu maskapai juga menghilangkan koran atau majalah.

Jika penumpang menggunakan troli bagasi baiknya lebih diminimalisir. Disarankan para penumpang untuk meminimalkan penggunaan toilet dan mengindari gerakan tidak penting di lorong kabin.

Baca juga: Tiga Klasifikasi Nilai di India, Bisa Bikin Penumpang Masuk Daftar Larangan Terbang

Bahkan makanan yang dibawa penumpang juga tidak diizinkan untuk dikonsumsi dalam penerbangan. Semua orang yang akan bepergian akan diperiksa kesehatannya secara termal di pintu masuk bandara. Penumpang di zona merah tidak diizinkan untuk bepergian dan kursi yang ditandai tidak boleh digunakan penumpang.

Leave a Reply