Monday, July 15, 2024
HomeBus dalam kotaIndia Mulai Luncurkan Bus Bertenaga Hidrogen

India Mulai Luncurkan Bus Bertenaga Hidrogen

Bus bertenaga hidrogen pada Rabu (15/12/2021) kemarin diluncurkan di Pune, India oleh Sentient Labs. Bus ini adalah proyek percontohan pertama yang dikembangkan dan diproduksi secara lokal di India dengan menggunakan sel bahan bakar hidrogren.

Baca juga: Produksi Hidrogen Hijau untuk Bahan Bakar Pesawat, Airbus-Philips 66 Gandeng Plug Power

Bus tersebut dilengkapi dengan 32 yang semuanya Made in India dan fasilitas pendingin udara sentral yang dirancang untuk mampu menjangkau jarak hingga 450 km dengan memanfaatkan 30 kg hidrogen. KabarPenumpang.com melansir republicworld.com (19/12/2021), dalam pengembangannya, bus ini dibuat oleh Sentient Labs yang bekerja sama dengan Council of Scientific and Industrial Research (CSIR), National Chemical Laboratory, dan Central Electrochemical Research Institute.

Arsitektur modular bus memungkinkan perubahan dalam desainnya untuk dimodifikasi sesuai dengan persyaratan jangkauan dan kondisi operasi. Bus menggunakan sel bahan bakar hidrogen dan udara agar menghasilkan listrik untuk tenaga geraknya. Satu-satunya emisi dari bus adalah air, sehingga menjadikannya moda transportasi yang paling ramah lingkungan.

Selain itu, teknologi bahan bakar ‘Made in India’ akan menelan biaya sekitar $400 per kilowatt dibandingkan dengan bahan bakar diesel yang menghabiskan biaya $1000-$1,200 di seluruh dunia. Kemajuan teknologi alternatif ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas udara sekaligus menurunkan harga minyak yang melambung tinggi di dalam negeri.

Sementara itu, Sentient Labs terlibat dalam diskusi dengan OEM Otomotif India dan operasi armada untuk memasarkan adopsi bus sel bahan bakar hidrogen dalam skala besar. Sentient juga menginformasikan bahwa setidaknya lima lakh bus dari 20 lakh yang berjalan di jalan-jalan di India dapat diubah menjadi kendaraan bertenaga sel bahan bakar.

Bus sekarang akan beroperasi selama sepuluh hingga 12 bulan di beberapa tempat yang memiliki titik pemulihan hidrogen. Di antara pencapaian penting lainnya, Sentient Labs juga dikenal karena penemuan terobosannya dalam memulihkan hidrogen dari residu pertanian, yang dapat digunakan pada kendaraan bertenaga sel bahan bakar.

Baca juga: Alasan Boeing Pesimis Hidrogen Sebagai Bahan Bakar: Tangki Bahan Bakar Lebih Besar dari Kabin

Selain itu, ia juga mengidentifikasi hambatan dalam teknologi baterai dan bertujuan untuk menyiapkan alternatif berkelanjutan dengan penekanan pada teknologi bertenaga hidrogen. Ini juga telah mengembangkan Balance of Plant, Powertrain dan Battery Pack, yang semuanya digunakan dalam bus sel bahan bakar hidrogen.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru