Indian Railways Berdayakan Panel Surya Sebagai ‘Supplier’ Kelistrikan di Rangkaian Kereta

Sumber: Governance Now

Untuk pertama kalinya dalam sejarah perkeretaapian India, operator Indian Railways akan memberdayakan tenaga surya untuk menyuplai tenaga kepada sejumlah peralatan elektrik yang ada pada rangkaian kereta. Evolusi penggunaan tenaga ini sendiri dikembangkan oleh India Railway Organization for Alternate Fuels (IROAF), yang terlebih dahulu sukses memasangkan panel surya di DEMU Train beberapa waktu yang lalu.

Baca Juga: Indian Railways Hadirkan Gerbong Kereta Pintar dengan ‘Kotak Hitam’

“Setelah pemasangan panel surya di DEMU Train dirasa berhasil, maka kami rasa penggunaan tenaga sejenis pun dapat diberlakukan dijalur utama kereta api yang manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh para penumpang,” ujar salah satu juru bicara perkeretaapian India, dikutip KabarPenumpang.com dari laman moneycontrol.com (24/7/2018). Setelah itu, Dewan Perkeretaapian India pun telah memberikan instruksi kepada IROAF untuk memasangkan sejumlah panel surya di atas atap kereta.

“Member Rolling Stock (MRS)/Railway telah mengarahkan IROAF untuk memasangkan panel surya di atas empat kereta penumpang yang kerap kali mengalami kendala kehabisan daya listrik karena berjalan terlalu lambat,” tandasnya. Sebagai contoh, salah satu kereta yang telah disematkan teknologi panel surya ini adalah kereta penumpang yang beroperasi di Sitapur – Delhi Riwari.

Dilihat dari bentuk fisiknya, panel surya yang kebanyakan dibuat oleh CEL Ltd. ini memiliki bobot yang tergolong ringan dan mudah untuk dipasang. Tidak hanya itu, tiap rangkaian yang dipasangi panel surya ini juga akan dilengkapi dengan sensor yang akan memonitor energi yang dihasilkan. Diharapkan, setiap rangkaian yang dipasangi panel surya dengan berat total 120 kg ini dapat menghasilkan sekitar daya 15-20kWh per hari.

Baca Juga: Indian Railways Gunakan WhatsApp Untuk Pemberitahuan Pada Penumpang

“IROAF berencana untuk memasangkan panel surya pada 250 rangkaian DEMU Train dan kereta penumpang konvensional. Dimana tenaga yang dihasilkan oleh panel surya tersebut akan dikonversikan untuk menghidupkan sistem pendingin ruangan, pencahayaan, dan stasiun pengisian daya yang terletak pada setiap bangku penumpang,” ujar juru bicara perkeretaapian.

Seperti yang sudah disinggung di atas, IROAF juga akan mengambilalih pemasangan panel surya fleksibel di tiga kereta penumpang yang kerap kali mengalami kendala dalam hal pengisian daya listrik akibat kereta yang berjalan terlalu lambat.