Indian Railways Gunakan WhatsApp Untuk Pemberitahuan Pada Penumpang

(IndianWeb2.com)

WhatsApp sebagai layanan chatting terpopuler sejagad semakin berkibar perannya. Bila di Indonesia peran WhatsApp masih sebatas informasi peet to peer, maka di India sudah lebih maju, dimana pemberitahuan status dan posisi kereta yang dituju penumpang dapat diberitahukan melalui pesan singkat di WhatsApp.

Baca juga: Indian Railways Hadirkan Gerbong Kereta Pintar dengan ‘Kotak Hitam’

KabarPenumpang.com melansir dari laman businesstoday.in (23/7/2018), adanya kemudahan pemberitahuan status tersebut atas dasar keinginan Indian Railways untuk meningkatkan layanannya. Sehingga pihak Indian Railways bermitra dengan MakeMyTrip dalam penyediaan pembaruan status kereta api melalui WhatsApp.

Penumpang bisa mendapatkan pembaruan terkait jadwal kereta, status pemesanan, pembatalan, nomor platform tempat kedatangan kereta dengan mengirimkan permintaan melalui WhatsApp. Hadirnya kemudahan tersebut juga akan mengurangi ketergantungan penumpang untuk menghubungi call center 139 demi mendapatkan status kereta.

Untuk memanfaatkan fasilitas ini, penumpang diminta menyimpan nomor 7349389104 (melalui MakeMyTrip) di ponsel mereka. Sehingga ketika pembaruan diperlukan, pengguna harus mengirimkan nomor kereta tertentu pada nomor tersebut di WhatsApp dan detailnya akan dikirimkan kepada penumpang.

Dalam kapasitas wajar atau server tidak sibuk, balasan atau respon yang diterima hanya makan waktu sepuluh detik setelah melakukan permintaan. Jangan lupa lihat apakah pesan tersebut terkirim dengan centang dua dan berwarna biru, sebab bila tidak maka respon juga akan lama bahkan tak terbalas jika hanya centang satu.

Pada masa lalu, sebelum menggunakan pemberitahuan melalui WhatsApp, kereta api India mengubah situs web resminya untuk membuat layanan yang lebih mudah di akses. Adapun perubahan tersebut meliputi tampilan web yang mudah digunakan, melacak penelusuran tanpa harus masuk ke situs web, detail tentang ketersediaan, kedatangan dan keberangkatan kereta di homepage web tersebut.

Tak hanya itu ada pilihan untuk merubah ukuran font dalam situs web yang memudahkan pengguna melihat tulisan dengan nyaman, adapula fitur prediksi daftar tunggu dimana pengguna bisa memastikan probabilitas dari daftar tunggu atau RAC (Reservation Against Cancellation) untuk mendapat konfirmasi. Yang terkahir adalah kemajuan teknologi di halaman bagi pengguna yang bisa membuka situs web dari ponsel, desktop, laptop dan tablet.

Selain itu, Piyush Goyal, Menteri Kereta Api, meluncurkan fasilitas baru untuk meningkatkan layanan katering onboard yang ditawarkan oleh Indian Railway Catering and Tourism Corporation (IRCTC). Sekarang, kereta api akan memiliki manajer IRCTC untuk mengatasi keluhan terkait makanan.

Baca juga: Torehkan Sejarah, Indian Railways Bangun ‘Limited Height Subway’ dalam Waktu 4,5 Jam Saja!

Manajer tersebut akan mengurus keluhan bahkan ketika kereta sedang dalam perjalanan. Untuk ini, tempat khusus atau kursi khusus telah disediakan untuk manajer IRCTC. Manajer akan melaporkan kepada kepala stasiun di stasiun kereta api dari mana kereta itu berasal. Dia akan membawa surat otoritas dan bukti ID yang valid.

Ya, India sudah punya bantuan dalam mengatasi permasalahan yang terkait dengan kereta melalui Whatsapp. Kapan Indonesia juga bisa mengikuti jejak India?