Indian Railways Hadirkan Gerbong Kereta Pintar dengan ‘Kotak Hitam’

(www.thebetterindia.com)

Belum lama ini, India Railways, operator kereta di Negeri Anak Benua menghadirkan kereta dimana gerbongnya dilengkapi dengan fitur kotak hitam (black box) dan info real time yang terjadi selama perjalanan. Hadirnya kotak hitam menyiratkan sebuah sistem perekam datan penerbangan pada pesawat komersial.

Baca juga: Perancis Terapkan Internet of Things Untuk Kendalikan Pintu Kereta

KabarPenumpang.com melansir dari laman thebetterindia.com (11/5/2018), kereta api India semakin terdorong dengan teknologi dimana Indian Railways sendiri telah menghadirkan dan meluncurkan gerbong kereta cerdas untuk memperingati hari Teknologi Nasional, gerbong cerdas ini untuk pertama kalinya dirilis ke publik di pabrik Rae Bareli sebagai proyek percontohan atau uji coba.

Nantinya gerbong pintar ini setelah diuji coba tampaknya akan diterapkan ke lebih banyak pada layanan kereta api India. Sebenarnya tujuan adanya gerbong cerdas ini sendiri adalah sederhana, proaktif dan bukan reaktif.

Gerbong tersebut juga memiliki ketentuan untuk terus memantau komponen penting seperti penyebab kerusakan infrastruktur rel, penundaan dan tergelincir. Proyek ini sendiri menelan biaya Rs15 hingga 20 lakh per gerbong atau Rp419 juta.

Beberapa teknologi yang dipasang pada gerbong cerdas tersebut yakni kamera pengintai (CCTV), sistem informasi penumpang, alat pemadam kebakaran dan lain sebagainya. Adapun fitur menarik lainnya yang dimiliki gerbong kereta terbaru ini adalah keberadaan kotak hitam (black box) yang akan memberikan informasi mengenai kondisi gerbong dan data terkait penumpang dengan waktu nyata.

Indian Railways juga menerapkan sistem sensor on-board condition monitoring system atau OBCMS untuk mendeteksi kerusakan yang berhubungan dengan gerbong kereta penumpang dan jalurnya. Adanya CCTV dan sistem informasi sendiri untuk memberikaan pembaruan konstan pada kesiapan gerbong dengan sistem pemanas, ventilasi, AC, manajemen air dan diagnosa gerbong.

Ini dimana sistem akan mampu memperkuat keselamatan dan keamanan dan operasional kereta. Setiap roda gerbong juga akan diletakkan sensor untuk merekam semua getaran dan suhu kereta.

Baca juga: Saat Kereta Terintegrasi Internet of Things

Adapun perbedaan getaran adalah tanda pertama bahwa bantalan roda sebuah gerbong rusak dan ini bisa cepat diambil tindakan. Sensor yang sama juga diletakkan pada bagian jalur kereta yang akan mengawasi keadaan jalur dalam keamanan dan memastikan pemeliharaan prediktif.

Ini juga akan memungkinkan penggunaan sumber daya secara efisien dan mengurangi biaya operasional. Semua hal yang berkaitan dengan gerbong kereta cerdas dan hiburan dalam gerbong dan informasi terkait kereta api ini harus menggunakan Internet of Things dalam pengoperasiannya.