Indonesia Punya Kelas Priority, India Punya Gerbong Anubhuti

Kursi gerbong Anubhuti (The Financial Express)

Gerbong Anubhuti, akhirnya diluncurkan setelah empat tahun di usulkan oleh Integral Coach Factory (ICF). Gerbong ini dijanjikan memberikan suasana dan fasilitas untuk penumpang yang setara dengan pesawat terbang kelas eksekutif. Dimana tempat duduk pada gerbong Anubhuti memiliki tempat ektra untuk kaki, layar LCD di setiap tempat duduknya, colokan listrik, toilet modular dengan sisitem sensor.

Baca juga: Akhirnya! Kereta Wisata Priority Keluar Juga Dari Depo KAI

Gerbong mewah ini diketahui sudah diumumkan pada anggaran kereta api tahun 2013 lalu. KabarPenumpang.com melansir dari newindianexpress.com (9/9/2017), dimana gerbong ini memiliki kapasitas 56 kursi dan dilengkapi dengan pintu otomatis, pengaturan interior dan pencahayaan akan dirancang secara estetis untuk meningkatkan suasana.

ICF tahun ini kemungkinan akan membuat sepuluh gerbong dan akan mengirimkan yang pertama ke Western Railway pada beberapa minggu kedepan. Diketahui, gerbong tipe Anubhuti ini akan berada di kereta premium siang hari seperti Shatabdi Express. Tiket untuk gerbong ini pun pastinya jauh lebih mahal di banding kursi bus AC atau bus kelas eksekutif yang ada.

Anubhuti ini akan sangat berbeda dengan gerbong kelas lainnya. Setiap kursi dilengkapi dngan LCD sembilan inci yang diisikan konten film dan audio pre loaded. Jack phone untuk mencolok headphone juga di sediakan. Di dalam gerbong ini juga, ada sistem informasi dimana penumpang dihubungkan dengan GPS.

Kelas Priority

Penumpang bisa mengetahui informasi kereta api secara real time seperti jarak, kecepatan dan stasiun yang akan dilintasi atau berhenti. Informasi ini di tampilkan di dua layar besar yang ditempatkan di tengah gerbong.

“Untuk pertama kalinya, kami telah menerapkan lapisan anti-grafiti pada pelatih ini. Makanya akan mudah membasuh grafiti atau tanda lainnya,” ujar salah sorag pejabat pabrik pembuat gerbong Anubhuti.

Dengan mengandalkan interior pesawat, gerbong ini juga dilengkapi dengan lampu baca dan sebuah tombol untuk memanggil awak gerbong. Gerbong Anubhuti ini juga mengingatkan Anda pada gerbong Priority yang belum lama ini diluncurkan oleh PT KAI untuk digunakan penumpang umum dengan harga yang tinggi tetapi fasilitas yang diberikan luar biasa.

Dulunya kereta Priority hanya satu gerbong yang di sewa untuk dinikmati secara pribadi. Dilengkapi dengan Audio Video On Demand (AVOD) di setiap seat penumpang, lalu makanan yang tadinya prasmanan dijadikan ala carte, dan fasilitas lainnya. Dari desain kereta pun memiliki perbedaan yang mencolok dengan kereta wisata sebelumnya. Dominasi warna coklat dan emas menunjukkan eksklusif dan elegan.

Baca juga: Maharajas Express, Kereta Termewah di Asia Bertarif Mulai Rp51 Juta

Kelas Priority ini bisa dikatakan lebih dari kelas eksekutif atau sekelas VVIP tamu kepresidenan. Peluncuran kereta wisata prioritas untuk pertama kali ini dengan tujuan Jakarta-Solo dan Jakarta-Yogyakarta. Keduanya berlaku pulang-pergi.