Ingat! Anda Berhak Peroleh Kompensasi Setelah Lapor Kehilangan Bagasi di Bandara

Airchive.com

Kehilangan barang atau bagasi Anda setelah lama nunggu di karosel atau ban berjalan di bandara kedatangan menjadi salah satu hal yang tidak diinginkan. Mungkin tas Anda bukan hilang, hanya terlambat sampai karena ‘terdampar’ di satu tempat, tetapi tetap saja menjadi masalah yang menjengkelkan.

Baca juga: Koper Anda Hilang atau Tertukar? Baggage Claim Jadi Solusinya

Karena masalah ini, sebenarnya Anda sebagai penumpang bisa meminta kompensasi. KabarPenumpang.com merangkum dari wikihow.com, ada beberapa cara yang bisa membuat Anda mendapat kompensasi setelah menunggu barang yang tak kunjung datang.

1. Melaporkan kehilangan bagasi
Saat barang dari bagasi tak kunjung hadir, pergi ke bagian klaim bagasi maskapai sesegera mungkin. Beritahukan bahwa tas Anda tidak ditemukan. Biasanya saat check in Anda akan mendapat tiket untuk klaim bagasi yang memiliki barcode dan ini bisa membantu dalam pencarian. Jangan lupa isi laporan kehilangan, apabila Anda merupakan penumpang penerbangan transit, coba laporkan kehilangan pada maskapai terakhir terbang. Setelah mengisi formulir, jangan lupa meminta salinan laporan dan isi semua rincian penerbangan serta cantumkan nomor penerbangan. Perkiraaan barang yang hilang juga bisa memudahkan Anda tahu kapan barang tersebut akan sampai.

Biasanya perkiraan tersebut akan diberitahukan maskapai setelah pengisian formulir. Perkiraan tersebut juga menentukan apakah klasifikasi sebagai barang hilang atau hanya tertunda. Sebab klasifikasi ini bisa mempengaruhi kompensasi yang berhak Anda terima. Barang yang tertunda lebih dari 21 hari akan dianggap hilang. Berdasarkan hukum yang berlaku, dimana penerbangan domestik AS diatur oleh peraturan Departemen Transportasi sedangkan internasional diatur oleh Konvensi Warsawa atau Montreal. Konvensi Montreal lebih ramah wisatawan daripada Konvensi Warsawa dan memberikan hak kepada Anda untuk kompensasi yang lebih besar dan perlindungan lebih untuk bagasi pesawat yang tertunda.

2. Mendapat penggantian
Umumnya kompensasi untuk bagasi pesawat tertunda dalam bentuk penggantian barang penting seperti perlengkapan mandi dan pakaian dalam yang harus Anda miliki dan beli sampai tas tiba. Jika penerbangan Anda dilindungi oleh Konvensi Montreal, Anda berhak atas sejumlah kompensasi yang ditetapkan untuk setiap hari saat tas Anda tertunda. Konvensi Warsawa menawarkan kompensasi serupa, meskipun jumlahnya kurang dari yang ditawarkan di bawah Konvensi Montreal. Jangan lupa periksa kebijakan maskapai, seperti Delta Airlines menawarkan kompensasi sebesar US$50 atau Rp725 ribu per hari untuk keterlambatan bagasi.

Anda juga bisa mengajukan klaim jika kebutuhan mendesak. Setidaknya Anda mendapatkan penggantian sebelum meninggalkan bandara. Biasanya beberapa maskapai memberikan voucher untuk membayar perlengkapan pengganti dan sejenisnya. Mereka juga memiliki barang bermerek untuk diberikan kepada penumpang yang memiliki situasi seperti Anda. Biasanya berupa tas kecil berisi shampo, kondisioner, sabun dan lotion dengan ukuran perjalanan. Jika punya barang yang digunakan khusus seperti shampo alergi berikan informasi tersebut pada pihak maskapai.

Klaim asuransi juga patut untuk dipertimbangkan, karena banyak pelancong udara yang membeli asuransi untuk melindungi mereka dalam situasi seperti ketika bagasi tertunda atau hilang. Jika menggunakan asuransi mungkin Anda bisa mendapatkan hasil penggantian lebih cepat.

Baca juga: Bosan Antri Lama di Bandara, Begini Cara Cepat Ambil Barang di Klaim Bagasi

3. Ambil bagasi yang tertunda
Lacak klaim Anda, karena mengikuti perkembangan bagasi dengan memasukkan nomor klaim dalam aplikasi maupun mengubungi customer service untuk mendapat informasi serta memantau situasi keberadaan barang. Selalu memperbarui perubahan apa pun dapat membantu Anda terus menilai situasi dan menentukan jumlah kompensasi yang mungkin Anda dapatkan.

Minta maskapai mengirimkan barang ke tempat Anda jika sudah ditemukan. Mungkin tidak nyaman atau bisa saja tidak memungkinkan Anda kembali ke bandara. Biasanya pihak maskapai akan mengirim barang ketika Anda bertanya.