Inggris Mulai Kedatangan Kereta Peluru dari Jepang, Siap Mengular di 2019

Nova 1. Sumber: globalrailwayreview.com

Ternyata bukan hanya Indonesia yang kedatangan kereta dari Jepang, negeri maju sekelas Inggris pun nyatanya mendatangkan kereta dari Jepang. Seperti operator kereta api asal Tanah Britania yang dimiliki oleh FirstGroup, TransPennine Express baru saja mendatangkan tiga dari 19 armada baru yang dipesan dari Jepang. Kereta yang mencakup lima rangkaian ini memanfaatkan teknologi kereta peluru khas Jepang dan diperkirakan akan memasuki layanannya pada tahun 2019 mendatang.

Baca Juga: TGV, Masih Jadi Lambang Supremasi Kereta Cepat Eropa

Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman globalrailwayreview.com (20/4/2018), kereta bernama Nova 1 ini diketahui telah meninggalkan Negeri Sakura dan diprediksi akan tiba di Inggris pada bulan Juni 2018 mendatang, nantinya Nova 1 akan melewati serangkaian uji coba setibanya di Inggris.

Proses uji coba ini sendiri akan bergulir selama periode musim panas 2018 dan akan memasuki layanan penuh pada musim panas 2019. Nantinya, Nova 1 ini akan mendukung pengoperasian Great North Rail Project yang menghubungkan kota-kota besar di Utara Inggris dan Skotlandia. Nova 1 akan mengular dari Manchester dan Liverpool, melintasi Pennines menuju ke kota-kota lainnya, seperti Leeds, York, Newcastle, dan Edinburgh.

Kenyamanan penumpang pun tidak lantas ‘dianak-tirikan’. Nova 1 menyediakan 161 kursi tambahan, gerbong yang luas, ruang kaki ekstra, dan ruang bagasi tambahan. “TransPennine Express memberikan investasi sebesar £500 juta (Rp9,7 triliun) dalam jangka waktu dua tahun ke depan dalam hal layanan tambahan,” ungkap Managing Director TransPennine Express, Leo Goodwin. “Lebih banyak kursi bagi penumpang, dan tidak hanya satu melainkan tiga armada baru sekaligus,” imbuhnya.

Penumpang yang menggunakan layanan ini kelak pun akan mendapatkan hiburan selama perjalanan, mulai dari WiFi gratis di kelas standar hingga layanan streaming film dari Exstream secara gratis bagi penumpang kelas satu. Adapun armada kereta peluru yang terinspirasi dari Jepang ini dirakit oleh Hitachi, dengan kesepakatan untuk melibatkan lebih dari 30 perusahaan Inggris sebagai pemasok komponen utamanya.

“Kami sangat antusias untuk membawa teknologi kereta peluru khas Jepang ke Inggris, dan kami menantikan armada Nova 1 dapat mengubah pengalaman berkereta para penumpang di jalur sibuk,” tutur Berry Sas selaku Projects Director dari Hitachi Rail Europe.

Baca Juga: Tempuh 12.000 Km, Jalur Sutera Kuno Dibuka Kembali dari Inggris Menuju Tiongkok

Diketahui, armada Nova 1 ini sendiri tergolong sebagai kereta hibrida, dimana dalam pengoperasiannya, sang operator dapat menggunakan dua sumber tenaga, yaitu listrik dan diesel. Kereta ini sendiri dapat beroperasi dengan formasi lima hingga 10 rangkaian dalam setiap perjalanannya.

Ketika menggunakan tenaga listrik, Nova 1 dapat mengular hingga kecepatan 140mph atau yang setara dengan 225 km/jam. Sedangkan ketika menggunakan tenaga diesel, kereta ini mampu melaju hingga kecepatan 125mph atau yang setara dengan 201 km/jam. Dengan menggunakan mesin MTU modern dari Rolls-Royce, kereta ini akan mengurangi emisi berbahaya di bawah tenaga diesel hingga 90 persen. Keren!