Ingin Bawa Anak Naik Pesawat? Perhatikan Beberapa Poin Penting Ini

www.independent.co.uk

Terbang bersama si buah hati tentu jadi momen yang berharga untuk mengenalkan Sang Anak pada dunia dirgantara. Tapi membawa anak untuk terbang butuh perhatian tersendiri, terlebih bila anak baru pertama kali naik pesawat. Bila Anda tidak aware pada persiapan, bukan tak mungkin penerbangan yang diharapkan menyenangkan justru berubah 180 derajat.

Nah, ada beberapa tips yang KabarPenumpang.com rangkum dari independent.co.uk yang dituliskan seorang awak kabin Kelly Eroglu yang bekerja pada maskapai besar lebih dari 20 tahun tentang hal terkait anak dalam pesawat.

Baca juga: 6 Tips Ampuh Menahan BAB Saat Perjalanan Jauh

1. Orang tua membuat anak senyaman mungkin
Dalam penerbangan, menggunakan pesawat, apalagi untuk pertama kalinya seorang anak dibawa bepergian. Baiknya jaga anak Anda dan buat senyaman mungkin. “Penumpang lain bisa saja menjadi mimipi buruk jika anak-anak Anda mulai bertingkah laku. Saya selalu mengatakan kepada penumpang dengan anak-anak bila mereka menangis atau berteriak saat melihat orang lain. Katakan mereka sama dengan Anda jadi jangan khawatir,” ujar Eroglu.

Okezone.com

2. Rencanakan sebaik mungkin
Sebelum bepergian, baiknya lengkapi kebutuhan anak-anak Anda dari popok, susu hingga apapun itu. Sebab, tidak semua maskapai melengkapi kebutuhan anak-anak di dalam pesawat. Kalaupun Anda, kemungkinan tak banyak hanya susu dan popok.

3. Tidak semua suka makanan maskapai penerbangan
Orang tua pastinya berpikir semua anak pastinya akan makan segalanya di pesawat. Padahal, hal tersebut belum tentu terjadi. Sebab anak-anak pastinya lebih banyak bermain dari pada makan dan orang tua justru yang kelaparan karena memikirkan anak-anak.

Baca juga: Ternyata, Sabuk Pengaman Lindungi Anda dari Lima Arah

“Saya menyarankan, bila maskapai membuka pemesanan makanan sebelum Anda berangkat, baiknya pesan makanan untuk anak-anak sekaligus makanan ringannya. Tak lupa juga, persiapkan makanan cemilan untuk anak Anda bila perjalanan lebih lama. Anda juga bisa meminta tolong pada awak kabin untuk memanaskan botol susu anak,” ujarnya.

4. Bersahabat dengan awak kabin
Bila Anda bepergian sendiri dan membawa bayi bersama Anda, baiknya minta bantuan awak kabin untuk memudahkan aktivitas Anda. Saat Anda ingin ke toilet, bisa meminta bantuan awak kabin untuk menjaga bayi Anda sebentar.

www.independent.co.uk

5. Punya banyak taktik untuk usir kebosanan
Saat bersama anak, minta duduk dekat jendela karena jendela memberikan hal menarik yang baru dan passtinya banyak pertanyaan dari anak-anak. Bawa pensil, buku gambar hingga pewarnanya seperti krayon atau kertas origami. Bila dalam perjalanan jauh, bisa gunakan tablet ataupun iPad untuk permainan anak Anda.

Baca juga: Hindari Penumpang Pingsan, Suhu Kabin Pesawat Harus Selalu Dingin

“Minta anak menggambar pilot dan berikan pada awak kabin di akhir penerbangan karena baik untuk anak-anak dan memiliki tujuan,”jelas Eroglu.

6. Jangan biarkan zona waktu mengganggu Anda
Akan ada perbedaan waktu dari tempat Anda menuju tempat wisata pilihan. Baiknya jangan paksa anak-anak tidur, biarkan mereka tidur bila memang sudah lelah. Sebab, di khawatirkan saat samapi di tempat wisata, anak Anda justru lebih banyak tidur dibandingkan bermain.

Baca juga: Kuping Berdengung Saat Take Off? Jangan Panik dan Pahami Penyebabnya

7. Bersiap saat lepas landas dan mendarat
Baik saat mau terbang atau mendarat, pasti akan ada perbedaan tekanan udara sehingga bisa membuat telinga anak tak enak dan bisa membuat mereka sakit. Baiknya disarankan bila bayi Anda menyusui, maka berikat susu tersebut, karena saat bayi menghisap akan membantu meringankan tekanan.